JPNN.com

Agenda Presiden Jokowi Hari Ini, pakai Helikopter

Kamis, 19 Desember 2019 – 07:10 WIB
Agenda Presiden Jokowi Hari Ini, pakai Helikopter - JPNN.com
Lokasi PLTA Kayan. Foto: dokumentasi PT Kayan Hydro Energy for jpnn.com

jpnn.com, BULUNGAN - Presiden Jokowi diagendakan meninjau progres pembangunan PLTA Kayan Hydro Energy, di Kecamatan Peso, Bulungan, Kalimantan Utara pada hari ini, Kamis (19/12). Hanya saja peninjauan ini tidak dilakukan lewat darat, melainkan dari udara.

"Presiden akan meninjau lewat udara untuk melihat progres PLTA Kayan Hydro Energy di titik pembangunan infrastruktur dan bendungan I," kata Direktur Operasional Kayan Hydro Energy, Khaerony, di Tarakan, Selasa (18/12).

Lokasi yang akan ditinjau Kepala Negara menggunakan Helikopter itu merupakan pembangunan infrastruktur penunjang menuju lokasi PLTA Kayan Hydro Energy yang nantinya bisa menghasilkan listrik dengan kapasitas 9000 MW, baik berupa perkantoran, mess, warehouse dan jalan.

Menurut Khaerony, saat ini proses pembangunan infrastruktur penunjang sudah berjalan selama dua bulan. Namun pengerjaannya bukan tanpa kendala. Dari total kebutuhan jalan sepanjang 20 kilometer, baru 4,5 kilometer yang bisa dikerjakan.

Salah satu hambatan yang dihadapi dalam membangun jalan akses ini adalah keberadaan perbukitan batu yang mesti diledakkan terlebih dahulu untuk membuka badan jalan. Sedikitnya ada 12 alat berat yang dikerahkan dalam pengerjaannya.

"Kedatangan presiden punya arti besar untuk kami, pemerntah daerah maupun masyarakat demi kelancaran pembangunan PLTA ini," tukas Khaerony.

Karakteristik sungai Kayan cocok untuk PLTA karena debit airnya yang mencapai 1.700 meter kubik/detik. Ditambah, hulu sungai ini juga ditopang oleh Taman Nasional Kayan Mentarang seluas 1,35 juta hektare.

Keberadaan PLTA ini diharapkan tidak hanya bisa menjamin listrik di Kalimantan Utara saja, tetapi juga bisa mendukung kebutuhan energi di ibu kota negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kaltim.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo