Agung Pimpin Kolinlamil, Putu jadi Komandan Kodiknatal

Agung Pimpin Kolinlamil, Putu jadi Komandan Kodiknatal
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Jumat (3/2) di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal, Surabaya. FOTO: Dok. Dispenal

jpnn.com - jpnn.com - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Jumat (3/2) di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal, Surabaya.

Pangkolinlamil yang semula dijabat oleh Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, diserahkan kepada Laksma TNI Agung Prasetiawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Asisten Perencanaan Kasal. Sedangkan Dankodiklatal yang semula dijabat oleh Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno diserahkan kepada Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi. Selanjutnya, Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno akan menempati jabatan baru sebagai Asrena Kasal.

Pada kesempatan tersebut, Kasal menyampaikan serah terima jabatan memiliki makna yang penting dan strategis bagi TNI AL. Hal ini merupakan perwujudan dari proses pembinaan organisasi dan personil secara berkesinambungan dan menyeluruh.

“Pergantian pejabat ini diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi ke arah yang lebih baik,” kata Laksamana Ade Supandi.

Menurutnya, ke depan tantangan tugas yang dihadapi oleh TNI AL akan semakin kompleks. Sehingga menuntut peningkatan kapasitas dan kapabilitas, khususnya pada aspek SDM. Oleh karenanya, Kodiklatal memiliki peran penting terkait pembinaan doktrin dan organisasi, serta pembinaan pendidikan dan latihan.

Sedangkan Kolinlamil selaku kotama pembinaan dan operasional TNI AL mengemban tugas untuk membina kemampuan sistem angkutan militer termasuk potensi angkutan laut nasional demi kepentingan pertahanan negara di laut.

Menurutnya, Kolinlamil sebagai salah satu komponen SSAT dituntut untuk mampu melaksanakan tugas-tugas TNI AL dalam operasi militer perang dan operasi militer selain perang.

Upacara ini melibatkan 1.565 prajurit Kodiklatal dan Kolinlamil. Selain parade yang dilakukan prajurit Kodiklatal, tamu undangan juga dihibur dengan persembahan orkes simponi yang diperagakan oleh 75 personil dari satuan musik Kodiklatal.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News