Agustina: Kalau Guru Bayar Sendiri untuk Tes Covid-19 Repot juga, Mas Menteri

Agustina: Kalau Guru Bayar Sendiri untuk Tes Covid-19 Repot juga, Mas Menteri
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti mendukung rencana pembelajaran tatap muka terbatas pada Juli 2021 mendatang.

Namun, dia mempertanyakan siapa yang akan menanggung biaya tes swab PCR Covid-19 bagi para guru dan tenaga kependidikan bila kebijakan pembelajaran tatap muka tersebut berjalan.

Pasalnya, kata Agustina, belum ada kejelasan apakah biaya tes itu harus ditanggung para guru atau pemerintah.

"Kalau guru dan tenaga kependidikan harus membayar tes Covid-19 per tiga hari repot juga, Mas Menteri. Siapa yang membayarkan?” ujar Agustina dalam rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Kamis (18/3).

Agustina pun mengatakan vaksinasi menjadi syarat bagi guru dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Namun, kata Agustina, setelah vaksinasi perlu ada pengawasan ketat ketat ketika proses belajar mengajar luar jaringan (luring) berlangsung.

Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan salah satu bentuk pengawasan adalah lewat tes Covid-19.

Oleh karena itu, Agustina menyatakan pemerintah harus memikirkan siapa yang akan menanggung biaya tes Covid-19 tersebut.

Agustina mempertanyakan kepada Nadiem Makarim ihwal siapa yang akan menanggung biaya tes Covid-19 bagi para guru dan tenaga kependidikan saat proses pembelajaran tatap muka berlangsung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News