Agustus, Logistik Pemilu Ditender

Pengadaan IT untuk Tahap Pertama

Agustus, Logistik Pemilu Ditender
Agustus, Logistik Pemilu Ditender
JAKARTA – Biro Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera membuka tender pengadaan logistik peralatan informasi dan teknologi (IT). Kepala Biro (Kabiro) Logistik KPU Dalail menyatakan, tender tahap pertama itu akan dibuka mulai Agustus mendatang.

’’Sekarang sedang disiapkan kepanitiaannya,’’ katanya usai melantik Wasekjen KPU dan tujuh Kabiro KPU di Jakarta.

Selain tender IT, sejumlah tender yang sedang disiapkan KPU adalah tender surat suara, tinta, segel, serta pengadaan kendaraan operasional. Tender IT memang dibuka pertama karena KPU membutuhkan jaringan nirkabel untuk mempercepat arus informasi dari pusat ke seluruh KPU daerah. ’’Jaringannya diperkuat dulu,’’ ujar Dalail.

Selain pengadaan jaringan, pada kesempatan itu, Biro Logistik akan membuka tender pengadaan komputer hingga KPU daerah. Deskripsinya, 150 komputer untuk KPU, 5 komputer untuk setiap KPU provinsi, dan 10 komputer untuk setiap KPU kabupaten/kota. Tender itu rencananya dibuka selama 25 hari.

Setelah jaringan IT terbentuk, Biro Logistik selanjutnya membuka tender pengadaan kendaraan bermotor. Untuk mobil, KPU membutuhkan tujuh unit di tingkat pusat, satu unit untuk setiap KPU provinsi, dan dua unit untuk setiap kabupaten/kota.

’’Untuk pengadaan mobil, tender mungkin untuk merek. KPU nanti bisa membeli di daerah masing-masing,’’ jelas Dalail.

Dana pembelian mobil akan menggunakan anggaran KPU 2008 yang pencairannya dilakukan dalam empat tahap oleh Departemen Keuangan.

Anggota KPU Bidang Logistik dan Anggaran Abdul Aziz menuturkan, pengadaan surat suara dilakukan setelah data pemilih tetap (DPT) Pemilu 2009 siap. Dari situ, KPU bisa mengetahui jumlah kertas, termasuk tinta, yang dibutuhkan. ’’Format surat suaranya pun masih perlu dibicarakan dengan DPR,’’ ungkapnya.

JAKARTA – Biro Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera membuka tender pengadaan logistik peralatan informasi dan teknologi (IT). Kepala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News