Ahli Sejarah Sebut Gita Cucu Pendiri Ahmadiyah di Indonesia

Ahli Sejarah Sebut Gita Cucu Pendiri Ahmadiyah di Indonesia
Ahli Sejarah Sebut Gita Cucu Pendiri Ahmadiyah di Indonesia

jpnn.com - JAKARTA - Sejarahwan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Asvi Marwan Adam, mengungkapkan bahwa Menteri Perdagangan Gita Wirjawan merupakan salah seorang keturunan pendiri Ahmadiyah di Indonesia. Menurut Asvi, kakek Gita yang bernama Minhadjurrahman Djojosoegito merupakan pendiri Ahmadiyah di Yogyakarta.

"Gita Wirjawan itu nama lengkapnya Gita Irawan Wirjawan. Dia putra dari pasangan Wirjawan Djojosoegito (almarhum) dan Paula Warokka Wirjawan," kata Asvi dalam diskusi di gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (19/8).

Asvi menambahkan, Wirjawan Djojosoegito merupakan Minhadjurrahman Djojosoegit. "Dengan begitu, Gita Wirjawan adalah cucu pendiri Ahmadiyah," ungkap Asvi.

Meski demikian, lanjut Asvi, pada masa lalu sebenarnya tak ada persoalan dengan keberadaan Ahmadiyah maupun Syiah di Indonesia. "Yang bikin mereka berantam itu menterinya karena minta Ahmadiyah bertobat," katanya.

asvi menambahkan, ayahanda Buya Hamka, Ahmad Rasul, memang pernah melarang umat Islam mendengar ceramah Ahmadiyah. Namun, katanya, larangan itu bukan berarti ajakan untuk membenci.

"Himbauan Ahmad Rasul tersebut tidak diikuti dengan kebencian dan beliau melarang keras melakukan kekerasan terhadap penganut Ahmadiyah dan Syiah," imbuh Asvi.(fas/jpnn)


JAKARTA - Sejarahwan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Asvi Marwan Adam, mengungkapkan bahwa Menteri Perdagangan Gita Wirjawan merupakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News