Ahmad Basarah: Bung Karno Adalah Manusia Sejarah

Ahmad Basarah: Bung Karno Adalah Manusia Sejarah
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Ahmad Basarah adalah sosok pengagum berat Bung Karno. Tak hanya mendalami pemikirannya, wakil ketua MPR itu juga mengoleksi buku-buku tentang sang proklamator.

Lebih dari seratus buku tentang Bung Karno dikoleksi Basarah. Baik yang ditulis langsung oleh Bung Karno maupun buku karya orang lain yang menulis biografi atau gagasan presiden pertama RI tersebut.

BACA JUGA: Jika Ahok jadi Menteri, Pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Rawan Gangguan

Di antaranya, buku Di Bawah Bendera Revolusi, Indonesia Menggugat, Mencapai Indonesia Merdeka, dan Tujuh Bahan Pokok Indoktrinasi. ’’Saya kumpulkan buku Bung Karno sejak 1988,’’ tuturnya.

Tidak mudah bagi Basarah untuk mengumpulkan buku Bung Karno. Terlebih saat Orde Baru. Kadang dia meminjam buku dari seniornya di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Saat ada kesempatan, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan itu selalu membeli buku Bung Karno.

BACA JUGA: Grace Natalie Dianggap tak Layak jadi Menteri di Kabinet Jokowi – Ma’ruf

’’Bung Karno adalah manusia sejarah. Setiap tahun, ada saja yang menulis buku tentangnya,’’ ujar politikus kelahiran Jakarta itu. (lum/c18/fal)


Wakil Ketua MPR yang juga politikus PDI Perjuangan Ahmad Basarah adalah pengagum berat Bung Karno.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News