Ahmad Basarah Minta Polri Proaktif Usut Kasus Parodi Lagu Indonesia Raya

Ahmad Basarah Minta Polri Proaktif Usut Kasus Parodi Lagu Indonesia Raya
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI yang juga menjabat Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri,  Ahmad Basarah memprotes keras beredarnya lagu Indonesia Raya yang dibuat parodi di channel You Tube.

Dia meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersikap proaktif mengusut kasus ini bekerja sama dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

“Saya menghormati pengakuan pemerintah Malaysia, lewat Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia, yang berjanji sedang menyelidiki kasus ini. Tetapi Polri saya harap juga proaktif, jangan hanya bersandar pada laporan investigasi Polisi Diraja Malaysia. Lagu Indonesia Raya adalah martabat bangsa. Sekali kita tidak bersikap keras dan serius menanggapi kasus ini, besok akan muncul ratusan video serupa yang menghina kita sebagai bangsa,” tegas Ahmad Basarah di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Kegusaran Ahmad Basarah bermula dari beredarnya sebuah video yang diduga diunggah di Malaysia yang mengejek Indonesia.

Video itu diunggah oleh salah satu akun YouTube berlogo bendera Malaysia dengan judul “Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)”.

Di video itu juga terdapat gambar kartun ayam berlambang Pancasila dengan latar warna merah putih serta animasi dua anak kecil yang terlihat sedang kencing. Suara dalam video diawali dengan suara ayam berkokok, dilanjutkan aransemen lagu yang hampir sama dengan aransemen lagu 'Indonesia Raya'.

Secara garis besar, lirik dalam lagu itu berisi penghinaan terhadap Indonesia serta menyinggung Presiden Jokowi dan Presiden Pertama RI, Ir. Sukarno.

Menurut Ahmad Basarah, mengubah lirik, aransemen, dan semua hal yang berkaitan dengan Lagu Indonesia Raya dilarang keras oleh Undang-Undang Republik Indonesia.

Wakil Ketua MPR RI yang juga menjabat Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri, Ahmad Basarah memprotes keras beredarnya lagu Indonesia Raya yang dibuat parodi di channel You Tube.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News