Ahok Bakal Relokasi Puluhan Ribu Nelayan ke Pulau Kosong

Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Ahok Bakal Relokasi Puluhan Ribu Nelayan ke Pulau Kosong
Gubernur Basuki T Purnama. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Keinginan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan merelokasi puluhan ribu nelayan di wilayah utara Jakarta ke Kabupaten Kepulauan Seribu ternyata tidak main-main. Orang nomor satu di ibu kota itu telah pasang target bahwa pemindahan harus selesai dilaksanakan pada tahun 2016 ini.

Itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Darjamuni. Menurutnya, gubernur sangat serius mengenai rencana relokasi puluhan ribu nelayan yang sudah turun temurun menghuni pesisir pantai utara Jakarta tersebut. 

Rencananya, tahap awal nelayan yang bakal direlokasi adalah nelayan di kawasan Muara Angke. ”Pak Gubernur memiliki kebijakan untuk memindahkan nelayan yang tinggal di sekitar Muara Angke,” terang Darjamuni, kemarin (25/1). 

Sayangnya, Darjamuni enggan menyebut pulau mana saja di Kabupaten Kepulauan Seribu yang bakal dijadikan tempat relokasi puluhan ribu nelayan tersebut. Dirinya hanya menyebut, lokasi rekolasi puluhan ribu nelayan itu adalah salah satu pulau tidak berpenghuni di Kabupaten Kepulauan Seribu, yang kemungkinan digunakan. 

”Salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu untuk relokasi yang kemungkinan dipilih adalah pulau yang saat ini tak berpenghuni,” katanya. 

Dijelaskannya juga, di pulau itu nanti akan dibangun rumah susun dan dermaga untuk layanan kapal gratis dan fasilitas lainnya. ”Setelah perencanaan selesai tahun ini. Tahun depan bisa segera lelang,” jelasnya juga. 

Lebih jauh kata Darjamuni, keinginan relokasi nelayan oleh gubernur, karena sudah tercemarnya biota laut yang hidup di pantai pesisir Jakarta. Karena itu, dia menilai ketimbang membudidayakan biota laut yang sudah tercemar, akan lebih baik apabila nelayan dipindahkan dan membudidayakan biota laut di kawasan yang masih sehat di wilayah Kepulauan Seribu. 

Menurut Darjamuni juga, pihaknya sudah diinstruksikan untuk segera membangun tempat budidaya biota laut tersebut. ”Kami memang kebagian melakukan pengembangan budi daya untuk mata pencarian warga dan pengembangan ekonomi kerakyatan,” paparnya juga.

JAKARTA - Keinginan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan merelokasi puluhan ribu nelayan di wilayah utara Jakarta ke Kabupaten Kepulauan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News