Ahok Diserang Pakai Almaidah 51 Sejak Pilgub Babel

Ahok Diserang Pakai Almaidah 51 Sejak Pilgub Babel
Terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjalani persidangan ke-10 yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di ruang sidang di Auditorium Kementan, Jakarta, Senin (13/2). Foto: Pool/Ramdani/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pasangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilgub Bangka Belitung 2007, Eko Cahyono mengatakan, isu agama kerap menghantam mereka saat masa kampanye.

Menurut Eko, hal ini dikarenakan Ahok berbeda keyakinan dengan pemilih di Bangka Belitung yang mayoritas muslim.

Serangan tersebut, salah satunya berupa selebaran SARA yang mengimbau masyarakat tidak memilih Ahok karena menganut agama Nasrani.

Dalam selebaran itu, lawan politik Ahok menggunakan surah Almaidah ayat 51 sebagai dalil larangan memilih pemimpin dari kalangan kafir.

"Setelah gagal jadi gubernur, Pak Basuki tidak kecewa dan benci pada tokoh agama Islam di Bangka Belitung," kata dia di depan majelis hakim PN Jakarta Utara, Selasa (7/3).

Hanya saja, lanjut Eko, Ahok jadi membenci pihak yang menggunakan Almaidah 51 untuk menjatuhkannya.

Lebih lanjut Eko mengatakan, surah Almaidah ayat 51 sebenarnya tidak mengharamkan muslim memilih pemimpin dari golongan kafir. Hal itu diketauhinya dari penafsiran tokoh NU yang juga Presiden Ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Beliau (Gus Dur) sendiri yang mengarahkan boleh pilih pemimpin pemerintahan nonmuslim," ujar Eko. (Mg4/jpnn)


 Pasangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilgub Bangka Belitung 2007, Eko Cahyono mengatakan, isu agama kerap menghantam mereka saat masa


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News