Minggu, 24 September 2017 – 15:38 WIB

AHY dan Anies Berpeluang jadi Pesaing Jokowi dan Prabowo

Kamis, 20 Juli 2017 – 14:02 WIB
AHY dan Anies Berpeluang jadi Pesaing Jokowi dan Prabowo - JPNN.COM

Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Adi Prayitno mengatakan, jika syarat ambang batas pencalonan presiden disepakati nol persen, maka kemungkinan akan muncul dua poros capres baru di luar nama Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Poros pertama kemungkinan akan lahir dari Partai Demokrat. Hasil rapat kerja nasional partai yang dipimpin Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, beberapa waktu lalu telah merekomendasikan agar Demokrat mengusung capres sendiri.

"Nama yang kemungkinan disiapkan adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Gubernur NTB Zainul Majdi. Dua nama ini cukup menonjol di kalangan Demokrat," ujar Adi kepada JPNN, Kamis (20/7).

Sementara itu poros kedua Adi memprediksi bakal muncul Anies Baswedan sebagai calon presiden. Kemungkinan sangat terbuka karena meski tak punya partai, Anies kini punya magnet elektoral untuk maju di tengah miskinnya kader parpol yang layak menjadi capres.

"Tapi saya kira untuk hal ini tergantung bagaimana dukungan parpol yang tertarik mengusung Anies sebagai lawan tanding Jokowi dan Prabowo. Jadi semuanya masih cukup terbuka lebar," pungkas Adi. (gir/jpnn)

 

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini