AHY Dinilai Tidak Memenuhi Kriteria sebagai Cawapres Anies, Begini Analisis Fernando Emas

AHY Dinilai Tidak Memenuhi Kriteria sebagai Cawapres Anies, Begini Analisis Fernando Emas
Calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan dengan Ketum DPP Partai Demokrat AHY. ANTARA/HO Demokrat

jpnn.com, JAKARTA - Partai NasDem telah menetapkan Anies Baswedan sebagai calon presiden mereka pada Pilpres 2024. Namun, Anies belum memiliki pendampingnya sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Anies sempat membeberkan kriteria cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.

Menanggapi hal itu, pengamat politik Fernando Emas menilai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak masuk kriteria calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan.

"Dalam politik dibutuhkan beberapa kriteria dalam membangun koalisi, sebagaimana disyaratkan Anies ke calon cawapresnya," katanya dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis.

Direktur Eksekutif Rumah Politik Indonesia itu menilai sangat wajar jika AHY tidak masuk kriteria, sebab jika Anies-AHY dipaksakan berpasangan maka peluang kemenangan sangat kecil.

Dia menjelaskan berdasarkan kriteria yang diisyaratkan Anies Baswedan, yakni dia membutuhkan sosok yang memberikan kontribusi dalam pemenangan.

Menurut dia, sejauh ini elektabilitas AHY yang tercermin dari berbagai survei tidak banyak membantu mendongkrak elektabilitas Anies Baswedan.

Meskipun harus diakui, AHY sebagai ketua umum partai maupun mantan militer. Dua faktor itu, kata dia, sangat menguntungkan AHY, tetapi tidak cukup mampu mempengaruhi masyarakat untuk mendukungnya pada Pemilu 2024.

Pengamat politik Fernando Emas menilai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak masuk kriteria cawapres mendampingi Anies.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News