Aib Baru Tentara AS di Afghanistan

Serang Permukiman, Tembak Mati 15 Warga Sipil

Aib Baru Tentara AS di Afghanistan
Aib Baru Tentara AS di Afghanistan
KABUL - Menjelang penarikan seluruh tentara Amerika Serikat (AS) dari bumi Afghanistan pada 2014 mendatang, sejumlah insiden terjadi dan dilakukan personel militer Negeri Paman Sam. Kali ini, seorang tentara AS dilaporkan melakukan pembantaian terhadap warga sipil Afghanistan. Sedikitnya, 15 warga sipil tewas setelah seorang tentara AS menyerang permukiman dan menembak penghuni rumah di dua desa di Provinsi Kandahar, selatan Afghanistan, dini hari kemarin (11/3).

Insiden penembakan itu bisa mempertajam sikap anti-AS di kalangan warga Afghanistan dan terjadi beberapa pekan setelah berlangsung pembakaran kitab suci Alquran oleh tentara Negeri Paman Sam. Pada 22 Februari lalu, sejumlah serdadu AS membakar Alquran di Pangkalan Bagram. Aksi ini menyulut kemarahan luas di Afghanistan.

Selain protes dan unjuk rasa anti-AS, terjadi sejumlah serangan yang menewaskan 30 orang. Enam tentara AS pun dilaporkan tewas terbunuh dalam sejumlah serangan oleh serdadu Afghanistan sejak terjadi pembakaran Alquran tersebut.

Insiden yang membawa aib kemarin terjadi di dua desa di Distrik Panjwai, Provinsi Kandahar. Desa Alkozai dan Balandi tersebut hanya terletak sekitar 500 yard (sekitar 450 meter) dari pangkalan militer AS.

KABUL - Menjelang penarikan seluruh tentara Amerika Serikat (AS) dari bumi Afghanistan pada 2014 mendatang, sejumlah insiden terjadi dan dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News