AIDS, DBD, dan Diare Hantui Warga

AIDS, DBD, dan Diare Hantui Warga
AIDS, DBD, dan Diare Hantui Warga
SAMPIT – Berdasarkan data evaluasi bidang kesehatan tahun 2010, tiga jenis wabah penyakit yakni AIDS, DBD, dan Diare masih trending topic di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim dr Yuendri Irawanto mengatakan, dari penanggulangan penyakit menular dan tidak menular, wabah demam berdarah terdapat 182 kasus dan meninggal sebanyak 7 orang. Kemudian wabah diare sebanyak 4.020 kasus dan meninggal sebanyak 7 orang. Sedangkan untuk HIV dari 174 orang yang diperiksa melalui metode zero survey ditemukan sebanyak 9 orang positif HIV dan 13 orang positif AIDS.

"Untuk wabah diare ini sempat mengalami ledakan penderita yaitu di wilayah Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut, dan Teluk Sampit. Sedangkan untuk Demam Berdarah Dengue (DBD) wilayah yang terbilang endemis yaitu masih berada di area perkotaan. Untuk HIV/AIDS, wabah ini diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan di klinik Voluntary Consulling Test (VCT), khususnya bagi komunitas rentan, seperti para pekerja seks komersial,” ujarnya seperti dilansir Radar Sampit (JPNN), Senin (17/1).

Sedangkan tahun 2011 ini, dalam mengatasi tiga jenis wabah pemnyakit ini, dinas kesehatan berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan seperti untuk rawat jalan, baik dari segi biaya ditanggung sendiri maupun tidak ditanggung oleh Pemda setempat. Selanjutnya terhadap pelayanan rawat inap, peningkatan pelayanan kesehatan dasar khusus masyarakat miskin dan memperluas cakupan jaminan kesehatan prabayar.

Selain itu dikatakan, juga akan ditingkatkan program penyehatan lingkungan yang meliputi desa dengan sarana air bersih melalui proyek CWSH sebanyak 11 desa, meningkatkan angka bebas jentik hingga melewati 82,27 persen, pelaksanaan fogging focus di 79 titik yang tersebar di 11 kecamatan. Antara lain, Mentaya Hulu, Telawang, Parenggean, Cempaga, Kota Besi, Baamang, Mentawa Baru Ketapang, Seranau, Mentaya Hilir utara, Mentaya Hilir Selatan dan Teluk Sampit.

SAMPIT – Berdasarkan data evaluasi bidang kesehatan tahun 2010, tiga jenis wabah penyakit yakni AIDS, DBD, dan Diare masih trending topic di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News