Air Mata Sering Menetes, Bisa Jadi Anda Mengalami Ephiphoria

Air Mata Sering Menetes, Bisa Jadi Anda Mengalami Ephiphoria
Ilustrasi mata merah. Foto: Sehatmagz

jpnn.com - MENETESKAN air mata saat menangis memang hal yang lumrah terjadi. Namun, bagaimana bila air mata terus keluar tanpa alasan jelas?

Bila Anda mengalami kondisi di atas, bisa jadi itu adalah Ephiphoria. Dokter Rumah Sakit Mata Undaan (RS Mata Undaan) Surabaya, dr Lydia Nuradianti Sp.M mengatakan, ephiphoria adalah kondisi ketika produksi air mata berlebihan sampai membasahi wajah. Bisa terjadi pada salah satu mata atau keduanya.

"Jumlah air mata yang berlebihan dari normal dalam medis disebut juga dengan ephiphoria," ujar Dokter Lydia Nuradianti, Selasa, 26 Januari 2021.

Dokter Lydia menyampaikan, air mata memiliki fungsi untuk menjaga bagian permukaan bola mata agar tidak kering dan menganggu pengelihatan. 

Penyebab Ephiphoria

Menurut Dokter Lydia, ephiphoria disebabkan oleh beberapa hal, antara lain penyaring air mata tidak berfungsi dengan baik atau kondisi mata yang memproduksi air mata terlalu banyak.

"Utamannya mata berair pada orang dewasa atau anak-anak karena sumbatan pada duktus (saluran air mata) atau karena duktus yang terlalu sempit. Penyempitan duktus biasanya terjadi karena adanya pembengkakan atau inflamasi," jelas Lydia.

Gejala Ephiphoria 

Dokter spesialis glaukoma ini menjelaskan, adapun gejala dari ephiphoria adalah mata terus berair meski tidak sedang menangis, adanya krusta kering dekat mata (semacam kotoran), bulu mata basah, dan bulu mata mengalami kerontokan.

Untuk pengobatan kondisi ephiphoria sendiri tergantung dari penyebab terjadinya air mata berlebih tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News