Air Terjun Lembah Anai Meluap, Empat Lokasi Terendam Banjir

Air Terjun Lembah Anai Meluap, Empat Lokasi Terendam Banjir
Banjir bandang menerjang rumah warga. Foto: JPG/Pojpkpitu

jpnn.com, PADANGPANJANG - Kota Padangpanjang diterjang banjir dan longsor, Sabtu (18/11). Pemicunya, hujan yang turun sepanjang hari menyebabkan aliran air terjun Lembah Anai meluap.

Akibat luapan air terjun Lembah Anai itu, banyak kendaraan memilih untuk menunggu stabilnya debit air terjun sebelum meneruskan perjalanan.

Sementara, banjir melanda empat titik lokasi yakni Kelurahan Pasarusang, Pasarbaru, Balaibalai, dan Kotopanjang. Sedangkan longsor kecil terjadi di Kelurahan Tanahhitam, Kecamatan Padangpanjang Barat dan mengakibatkan empat kepala keluarga diungsikan.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres (Jawa Pos Group), meluapnya aliran air Lembah Anai ini cukup membahayakan bagi setiap pengendara yang melintasi objek wisata tersebut.

Personel kepolisian pun turun memberikan peringatan terhadap setiap pengemudi ataupun pengendara.

Demikian juga di persimpangan menuju arah Silaing Bawah, pihak kepolisian juga sudah memasang tanda peringatan agar pengemudi memilih jalan memutar ke Solok ataupun Malalak.

“Debit air terjun cukup besar dan membahayakan untuk pengemudi ataupun pengendara yang akan melintasi objek wisata tersebut. Namun demikian, tidak terjadi risiko kecelakaan dan macet parah setelah dilakukan pemberitahuan bagi setiap pengemudi yang menuju Padang dari arah Kota Padangpanjang,” kata Kasat Lantas Polres Padangpanjang, Iptu Adityalidarman, Minggu (19/11).

Sementara itu, Kepala BPBD dan Kesbangpol Kota Padangpanjang, Erizal mengatakan, saat ini jajarannya dengan instansi terkait lainnya telah melakukan penanganan pascabanjir dan longsor.

Kota Padangpanjang diterjang banjir dan longsor, Sabtu (18/11). Pemicunya, hujan yang turun sepanjang hari menyebabkan aliran air terjun Lembah Anai meluap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News