Airlangga Bertemu Robert Habeck Bahas Sejumlah Isu Penting

Airlangga Bertemu Robert Habeck Bahas Sejumlah Isu Penting
Menko Airlangga bertemu Menteri Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim Jerman Robert Habeck bahas sejumlah isu penting. Foto: Ist.

jpnn.com - BERLIN - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim Jerman Robert Habeck di Berlin, Senin (17/4).

Pertemuan berlangsung setelah Airlangga mendampingi seluruh rangkaian kegiatan Presiden Joko Widodo di Hannover Messe 2023.

"Kami sangat senang Indonesia kembali ditunjuk sebagai partner country Hannover Messe untuk yang ketiga kalinya."

"Merupakan kehormatan pula bagi Jerman menerima Presiden Joko Widodo dan delegasi Indonesia dalam kunjungan tersebut, termasuk hasil pembicaraan Presiden RI dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz,” ujar Menteri Habeck dalam sambutannya, Senin (17/4).

Selain promosi industri unggulan Indonesia dalam menerapkan industri 4.0, telah disepakati sejumlah kesepakatan Bisnis dan Government to Business di berbagai sektor.

Seperti renewable energy pada acara Indonesia-Germany Business Summit setelah acara pembukaan Paviliun Nasional oleh Presiden Joko Widodo di pameran Hannover Messe 2023 pagi harinya, dengan estimasi kerja sama senilai US$ 2 milyar dan diharapkan akan menyerap sebanyak 80 ribu pekerja.

Hal ini menunjukkan hubungan dan kerja sama ekonomi yang sangat erat dan saling menguntungkan antara Indonesia-Jerman.

Menko Airlangga dan Menteri Habeck pada 11 April 2023 juga telah menandatangani kesepakatan pembentukan platform kerja sama ekonomi dan investasi secara virtual.

Menko Airlangga bertemu Menteri Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim Jerman Robert Habeck bahas sejumlah isu penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News