Airlangga Dinilai Sukses Mengembalikan Kejayaan Golkar

Airlangga Dinilai Sukses Mengembalikan Kejayaan Golkar
Illustrasi - Bendera Partai Golkar. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), Ikhwanul Maarif menilai Airlangga Hartarto berhasil telah mengembalikan masa kejayaan Partai Golkar seperti di era Akbar Tandjung.

Hal tersebut disampaikan Ikhwanul setelah melihat perolehan suara Partai Golkar yang kian meningkat seiring dengan perkembangan rekapitulasi suara yang dilakukan KPU.

"Lonjakan yang terjadi terhadap perolehan suara Partai Golkar sebesar 15,11% dan hanya selisih 1,6% dari PDIP membuktikan Airlangga sukses mengembalikan kejayaan partai beringin," kata Ikhwanul Maarif kepada media, Kamis (22/2).

Menurut Ikhwanul, terdapat tiga faktor dibalik lonjakan suara Partai Golkar di Pileg 2024 ini, pertama Ikhwanul melihat bahwa partai ini berhasil memaksimalkan potensi coattail effect atas pencalonan paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran yang turut Golkar usung di Pilpres 2024.

"Golkar berhasil membangun persepsi publik bahwa motor pengusungan pasangan Prabowo-Gibran adalah Partai Golkar. Citra kedekatan Partai Golkar atau secara khusus Ketua Umum Airlangga Hartarto dengan Prabowo Subianto dan juga dengan sosok Jokowi direspon secara positif oleh pemilih", tutur dia.

Kedua, Ikhwanul menilai alasan kuat lain yang menjadikan Partai Golkar perkasa di Pileg 2024 ini adalah karena sukses menjalankan strategi dalam penataan komposisi caleg di sejumlah wilayah.

Kepemimpinan Airlangga dalam menentukan langkah dan strategi dengan menempatkan orang-orang yang berpotensi menang pada sejumlah wilayah cenderung berhasil mempengaruhi suara Partai Golkar di Pileg 2024.

"Airlangga di sini lagi-lagi menunjukkan kejelian leadershipnya, yang mampu mengonsolidasikan figur dan mesin-mesin partai melalui penempatan caleg-caleg berkualitas secara merata di semua dapil," ungkap lulusan Brawijaya Malang ini.

Kepemimpinan Airlangga dalam menentukan langkah dan strategi jadi kunci kesuksesan Golkar pada Pemilu 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News