Airlangga Gencar Kampanye 3M untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Airlangga Gencar Kampanye 3M untuk Cegah Penyebaran Covid-19
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Airlangga Hartarto kembali menggelar rapat komite baru-baru ini.

Kali ini, rapat membahas tindak lanjut dari rapat pleno yang lalu untuk melakukan perubahan Perpres 82/2020.

Menurut Menko Airlangga, salah satu hal yang menjadi fokus bahasan adalah strategi optimalisasi program dan anggaran PC-PEN untuk mendorong upaya penanganan Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Rapat pleno ini membahas monitoring dan evaluasi berbagai program PC-PEN, dan tindak lanjut rapat pleno lalu, yang telah ditindaklanjuti dengan pengajuan 2 RPerpres, yaitu Perpres Perubahan Perpres 82/2020 dan RPerpres tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi,” kata Airlangga usai rapat pleno di kantornya.

Menko Airlangga menjelaskan, langkah dan target pemerintah saat ini adalah menekan tingkat penyebaran Covid-19 di beberapa provinsi yang masih masuk dalam zona merah agar turun menjadi zona kuning, bahkan hijau.

Menko Airlangga menjelaskan, strategi Penanganan Covid-19 dengan menyosialisasikan dan mengampanyekan Gerakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Selain itu, strategi untuk menurunkan tingkat kematian melalui peningkatan fasilitas dan kapasitas Layanan Kesehatan (Puskesmas, Rumah Sakit) dan Dukungan Tenaga Kesehatan.

“Kampanye masif Gerakan 3 M terus akan dilanjutkan. Kampanye Memakai Masker yang tadinya sampai tanggal 6 September 2020 ini, tetap akan diteruskan dan akan lebih masif lagi. Sedangkan kampanye Menjaga Jarak akan dilaksanakan pada periode 7 September 2020 s.d. 6 Oktober 2020. Lalu kampanye Mencuci Tangan akan dilaksanakan mulai 7 Oktober 2020 s.d. November 2020,” ujar Airlangga.

Strategi Penanganan Covid-19 dengan menyosialisasikan dan mengampanyekan Gerakan 3M.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News