Analis Politik Anggap Airlangga Miskin Terobosan dan Tak Memuaskan Jokowi

Analis Politik Anggap Airlangga Miskin Terobosan dan Tak Memuaskan Jokowi
Jokowi dan Airlangga Hartarto. Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menduga Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai kurang sreg jika Golkar kembali dipimpin Airlangga Hartarto.

Pangi menilai kepemimpinan Airlangga di Partai Golkar kurang moncer terutama untuk mengamankan kepentingan politik Jokowi ke depan.

“Kalau melihat hasil pemilu ini, Jokowi mungkin kecewa. Dia penguasa tentu ingin suara yang lebih memuaskan,” ujar Pangi di Jakarta, Minggu (30/6).

Pria yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini merujuk hasil Pemilu Legislatif 2019. Menurutnya, PDIP, NasDem dan PKB mampu menaikkan jumlah perolehan kursi di DPR periode 2019-2024.

Di sisi lain, katanya, Golkar yang tergolong partai besar justru mengalami penurunan jumlah kursi parlemen. Dalam analisis Pangi, hal itu tak terlepas dari kurang mampunya Airlangga memimpin partai yang pernah menjadi pemenang Pemilu 2004 tersebut.

BACA JUGA: Airlangga Klaim Dapat Dukungan Solid Senior Golkar untuk Maju Jadi Ketum

“Airlangga kurang melakukan terobosan untuk menaikkan citra partai. Ibarat kapal, Golkar jika memiliki nakhoda yang bisa membawa dan memainkan isu yang diinginkan masyarakat tentu akan berlayar cepat dan menang,” ujar Pangi.

Ipang, panggilan akrab Pangi, juga menyebut Airlangga sebagai pemimpin Golkar kurang piawai membaca angin. “Kalau bicara Airlangga, dia menjadi ketua umum yang tak ada efek ketokohannya, tak ada hasil tangan dinginnya yang bisa diakui dan dilihat,” tuturnya.

Pangi menilai Airlangga Hartarto sebagai pemimpin Golkar kurang piawai membaca angin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News