Airlangga: IIMS 2024 Bisa Pacu Industri Otomotif & Kedepankan Produk Lokal

Airlangga: IIMS 2024 Bisa Pacu Industri Otomotif & Kedepankan Produk Lokal
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan IIMS 2024 memberikan ruang eksklusif bagi industri otomotif untuk berinovasi. Foto: dok Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sejumlah insentif telah dikeluarkan pemerintah untuk mempercepat investasi dan implementasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Adapun kebijakan yang keluarkan seperti Insentif Bea Masuk atas impor KBLBB Roda 4 sebesar 0%, baik dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU) maupun terurai lengkap atau Completely Knocked Down (CKD), dan insentif PPnBM untuk KBLBB roda 4 untuk mempercepat investasi industri KBLBB roda 4 di Indonesia.

“Apresiasi saya terhadap industri otomotif di Indonesia yang berhasil meningkatkan ekspor hingga 100%. Potensi besar tersebut harus dimanfaatkan agar mampu bersaing dengan negara lain," kata Airlangga hadir mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara IIMS 2024.

"Namun, kita masih kalah dengan Thailand, sehingga kami ingin mendorong lagi agar ekspornya makin tinggi dan naik setiap tahunnya,” tuturnya.

Ketua Partai Golkar itu mengatakan IIMS 2024 memberikan ruang eksklusif bagi industri otomotif untuk berinovasi dan menampilkan produk unggulannya masing-masing.

Dalam IIMS 2024 yang mengusung tema “Your Infinite Autotainment Experience” diikuti paling tidak oleh 53 merek kendaraan dan 188 peserta.

Target total transaksi IIMS 2024 diperkirakan sebesar Rp5,3 triliun dengan menghadirkan sekitar 460 ribu pengunjung pada periode 15-25 Februari 2024.

“Semoga acara ini berjalan lancar dan memacu industri otomotif Indonesia untuk lebih proaktif serta progresif memunculkan produk-produk inovatif dengan mengedepankan produk lokal,” kata Menko Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan IIMS 2024 memberikan ruang eksklusif bagi industri otomotif untuk berinovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News