Airlangga: Kartu Prakerja Berperan Penting dalam Peningkatan Inklusi Keuangan

Airlangga: Kartu Prakerja Berperan Penting dalam Peningkatan Inklusi Keuangan
Peran Kartu Prakerja dalam Peningkatan Inklusi Keuangan. Ilustrasi: prakerja.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Prakerja berperan penting sebagai program dengan pendekatan inklusif.

Program tersebut mengedepankan kemitraan dengan lembaga pelatihan, e-marketplace, portal kerja, dan teknologi finansial karena bertujuan untuk reskill, upskill, dan meningkatkan literasi digital.

"Di saat bersamaan mampu meningkatkan inklusi keuangan," tutur Airlangga Hartarto, di Jakarta, baru-baru ini.

Program Kartu Prakerja telah menjadi salah satu terobosan pemerintah dalam melakukan transformasi digital dan inklusi keuangan di Indonesia.

Pasalnya, program itu menggunakan uang elektronik sebagai salah satu metode pembayarannya yang memberikan kontribusi positif terhadap tujuan inklusi keuangan.

Program ini menjadi salah satu kisah sukses pemerintah dalam mentransformasikan pelayanan publik melalui teknologi digital dan cara-cara inovatif yang biasa dilakukan oleh startup.

Kartu Prakerja adalah program bantuan dari pemerintah dalam bentuk pengembangan kompetensi bagi warga yang mencari pekerjaan, baru saja di PHK, terdampak COVID-19, atau yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Nawardus Faot, menjadi salah satu dari sekian banyak pihak yang belum terjamah inklusi keuangan, bahkan tidak memiliki dompet digital hingga 2021. Melalui Program Kartu Prakerja, dia terdorong untuk memulai penggunaan dompet digital.

Menko Perekonomian mengatakan bahwa Kartu Prakerja berperan penting dalam peningkatan inklusi keuangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News