Airlangga Sebaiknya Copot Idrus Dari Jabatan Sekjen

Airlangga Sebaiknya Copot Idrus Dari Jabatan Sekjen
Idrus Marham. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi berpendapat, sebaiknya Airlangga Hartarto mengganti struktur kepemimpinan di DPP Partai Golkar, setelah nantinya dikukuhkan sebagai Ketua Umum yang baru‎.

"Saya kira sebuah keharusan nakhoda baru mengganti posisi-posisi kunci guna menyelaraskan irama kepemimpinan. Posisi sekjen (Idrus Marham,red) yang selama ini terkesan membebek terhadap dua ketua umum sebelum Airlangga, harus dicopot," ujar Ari kepada JPNN, Selasa (19/12).

Ari menilai, Airlangga penting menempatkan orang-orangnya pada posisi strategis yang selama ini diisi loyalis Setya Novanto, agar mampu mengendalikan partai berlambang beringin tersebut dengan baik.

"‎Kemudian kaum progresif muda di Golkar, juga arus diberi tempat untuk orkestrasi kepemimpinan Airlangga. Elite Golkar yang mengisi pos-pos jabatan di kabinet Airlangga harusnya bervisi membawa marwah Golkar yang lebih baik," ucapnya.

Ari optimistis, jika langkah-langkah pembaruan dilakukan, maka Airlangga bakal mampu membawa Golkar lepas dari keterpurukan.

"Apalagi ditambah jejak rekam yang tidak terbebani masa lalu Golkar serta relatif tidak masuk ke dalam faksi-faksi di partai beringin, membuat Airlangga mampu mengatasi turbulensi politik usai kasus Setnov meluluhlantakkan kredibilitas Golkar di mata publik," pungkas Ari. (gir/jpnn)


Idrus Marham selama ini hanya membebek saja pada sosok ketua umum. Sebaiknya Airlangga Hartarto dicopot dari kursi sekjen.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News