Ajang Lari di Alam Bebas Perdana di Jatim Siap Dihelat

Ajang Lari di Alam Bebas Perdana di Jatim Siap Dihelat
Dari kiri Lilik Sianto, Min Lai, pelari Reza Fardian, dan panitia Agus Gianto saat presscon di Surabaya. Foto : jpnn

jpnn.com - Sudah beberapa tahun terakhir lari menjadi bagian dari lifestyle masyarakat urban. Tak terhitung banyaknya ajang lari yang diselenggarakan dengan berbagai metode. Mulai yang sekadar fun, sampai yang benar-benar serius.

Nah, salah satu ajang lari yang menggabungkan unsur fun namun tetap serius adalah Zinc Trail Run. Kegiatan berkonsep lari di alam bebas itu merupakan yang pertama diselenggarakan di Jawa Timur. Penyelenggaraan kali ini adalah rangkaian ke dua dari tiga seri yang dipertandingkan.

Seri pertama sukses diadakan di Dusun Bambu, Bandung pada 1 November 2015 silam. Total peserta yang ikut tampil pada helatan perdana itu adalah 795 orang. ”Untuk seri kedua ini kami menargetkan ada 1000 peserta yang join,” kata panitia penyelenggara Lilik Sianto.

Pria yang juga marketing manajer Wings Surya Surabaya itu menambahkan, seri kedua akan diselenggarakan di Taman Dayu pada 3 April mendatang. Hingga saat ini, peserta yang mendaftar sudah lebih dari 170 orang. ”Kami memang akan ketat mengawasi pendaftaran hingga maksimal 1000 orang. Jadi yang tertarik bergabung silahkan daftar selengkapnya ke website amazinctrailrun.com,” jelas dia.

Nantinya, para pelari akan terbagi pendaftarannya di dua kategori, pria dan wanita. Hadiah masing-masing kategori cukup besar. Total puluhan juta rupiah. ”Jarak yang ditempuh sama, yaitu sama-sama 12 kilometer,” jelas race management dari komunitas Asri HHH Min Lai.

Min Lai menjamin, selain sehat, mereka yang ikut dalam lomba lari ini akan mendapat pengalaman berbeda. Sebab, yang menjadi lokasi adalah alam bebas bukan perkotaan. Peserta akan diajak melewati jalur setapak, perbukitan, hutan pinus, hingga sungai.

Karena tantangan yang berbeda itu, Min Lai meminta peserta mempersiapkan dengan baik. Selain fisik yang prima, berbagai piranti lari juga harus di-prepare. ”Kami sarankan pakai sepatu trail,” ungkapnya.

Pria yang menekuni lari sejak belasan tahun itu menambahkan ada lima langkah bagi peserta trail running saat akan bertanding. Itu adalah temukan lokasi trail running, pelan-pelan dan berjalan cepat, jangan malu berjalan saat ditanjakan, jaga jarak dengan pelari lain, dan berhati-hati terhadap batu licin. 

Sudah beberapa tahun terakhir lari menjadi bagian dari lifestyle masyarakat urban. Tak terhitung banyaknya ajang lari yang diselenggarakan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News