Rabu, 14 November 2018 – 09:50 WIB

Ajari Siswa Pilah Makanan Sehat

Rabu, 24 Oktober 2018 – 12:23 WIB
Ajari Siswa Pilah Makanan Sehat - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - SD Kristen Gloria 2 memiliki cara untuk mengajari siswanya memilah makanan yang baik dan kurang baik untuk tubuh. Namanya Healthy Food Race (HFC). Itu diajarkan untuk anak-anak kelas IV hingga kelas VI. 

Kemarin Chrissie Evert Sakalessia yang menjadi guru olahraga menunjukkan cara kerja HFC. Dia membuat narasi. Anak-anak diminta membawa makanan sehat untuk tetangga Paman Syam yang sedang sakit. Mereka bukan orang sungguhan. Melainkan dua poster berukuran manusia dewasa dengan perut berupa plastik bening. "Mereka diilustrasikan sebagai tetangga Paman Syam itu tadi," ujar Chrissie. 

Nah, anak-anak itu diminta memasukkan gambar makanan sehat ke dalam perut Paman Syam. Setelah mendengar aba-aba, Caroline, siswa kelas VI-D, mengambil gambar pisang di keranjang, lalu lari zig-zag melewati tiga tiang bergambar minuman bersoda hingga melompati tiga papan bertulisan pengawet, pewarna, dan MSG. Dia masih harus melompati engklek bergambar junk food sebelum memasukkan pisang ke perut plastik. 

Setelah Caroline, siswa yang lain melakukan hal serupa. "Makanan yang disediakan di kotak yang harus mereka ambil adalah berbagai jenis buah dan sayuran, namun tetap harus sesuai instruksi," jelas Chrissie. Instruksi membawa makanan sehat adalah stimulus yang membentuk kesadaran siswa agar cepat mengambil makanan yang sesuai. 

Di akhir permainan, para siswa diminta untuk menuliskan pelajaran apa yang mereka dapatkan dari permainan itu. "Saya belajar untuk bisa makan makanan yang sehat dan menghindari makanan yang kurang sehat walaupun tampilannya enak," tulis Caroline. (his/c6/any) 

SHARES
TAGS   Makanan Sehat
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar