Edukasi Gizi dan Keamanan Pangan Demi Dukung Prestasi Siswa

Edukasi Gizi dan Keamanan Pangan Demi Dukung Prestasi Siswa
Workshop Edukasi Gizi dan Keamanan Pangan untuk Mendukung Prestasi Siswa. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Anak adalah investasi yang penting bagi masa depan bangsa.  Indonesia akan semakin maju bila mampu mempersiapkan generasi mudanya  secara optimal melalui sistem pendidikan yang berkualitas.  

Untuk mendukung agar peserta didik bisa menerima pendidikan secara optimal, maka dibutuhkan asupan pangan yang bergizi dan aman.

Untuk itu, INAVIGA Indonesia bekerja sama dengan PT. Ajinomoto Indonesia dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Workshop Edukasi Gizi dan Keamanan Pangan untuk Mendukung Prestasi Siswa pada 18 September di Gedung B  Kantor Walikota Administrasi Jakarta Barat.  

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 100 orang guru Sekolah Dasar (SD) di Jakarta dan sekitarnya.

Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Ahmad Sulaeman, yang menjadi narasumber mengungkapkan gizi dan kesehatan memegang peranan penting dan menjadi indikator ranking Indeks Pembangunan Manusia (IPM).  

“Makanan bergizi dan aman dibutuhkan anak usia sekolah agar bisa mengikuti proses belajar dengan baik, meningkatkan stamina dan daya tahan terhadap penyakit, serta menunjang tumbuh kembang anak yang normal,” kata Prof. Ahmad.

Secara khusus  dia menekankan pentingnya sarapan bagi anak usia sekolah untuk membekali tubuh akan zat gizi yang diperlukan sehingga bisa berpikir, belajar, dan melakukan aktivitas fisik secara optimal.

“Untuk mencapai status gizi yang baik diperlukan asupan gizi yang cukup, sesuai dengan prinsip gizi seimbang yang terdiri atas aneka ragam makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi manusia,” tambahnya.  

Workshop agar para guru bisa memberi pengetahuan kepada murid dan orang tua terkait kepedulian terhadap makanan aman dan bergizi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News