Ajarkan Tanam Bibit Trembesi

Ajarkan Tanam Bibit Trembesi
Ajarkan Tanam Bibit Trembesi
JAKARTA - Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan merespon langsung permintaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar dilakukan pembekalan budidaya pohon trembesi (Samanea saman). Para peserta dari unsur TNI/Polri, pemerintah pusat dan daerah, swasta, hingga LSM, akan diberi penjelasan dari praktisi, peneliti, serta tenaga teknis budidaya pengembangan pohon trembesi di departemennya.

"Peserta akan dibekali layaknya seorang penyuluh. Setelah pengarahan Presiden, para peserta langsung mendapat pembekalan. Diharapkan, ilmu budidaya trembesi yang mereka kuasai, nantinya akan mereka sebar ke seluruh masyarakat di penjuru tanah air," kata Zulkifli, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/1).

Zulkifli mengatakan, bibit pohon trembesi yang diberikan kepada seluruh daerah kabupaten/kota hari itu, bisa disemaikan. Diharapkan, di penghujung 100 hari pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II ini, pohon tersebut sudah mulai ditanam.

"Bibit trembesi ini kita distribusikan kepada seluruh provinsi, dan selanjutnya provinsi memberikan kepada kabupaten/kota. Departemen Kehutanan melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, juga telah mendistribusikan bibit trembesi untuk penghijauan lingkungan. Jumlahnya sebanyak 543.729 batang," kata Menhut pula.

JAKARTA - Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan merespon langsung permintaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar dilakukan pembekalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News