AJI Kritisi Pemberitaan Kejahatan Terhadap Anak-anak

AJI Kritisi Pemberitaan Kejahatan Terhadap Anak-anak
AJI Kritisi Pemberitaan Kejahatan Terhadap Anak-anak
JAKARTA - Belakangan ini, media massa kerap memberitakan kasus kejahatan yang menimpa anak-anak. Sayangnya, pemberitaan itu sering berdampak buruk terhadap anak yang menjadi korban karena seolah kurang diperhatikan.

Rach Alida Bahawere dari Divisi Perempuan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, mengatakan, pemberitaan tentang anak kerap kurang mempertimbangkan kemungkinan si anak menjadi korban secara berulang-ulang. "Anak yang telah menjadi korban kekerasan, bisa juga menjadi korban pemberitaan," katanya saat dihubungi di Sekretariat AJI Indonesia, Kwitang, Senen, Jakpus, Rabu (27/1).

Dia mencontohkan, dalam kasus berita anak terinfeksi HIV/AIDS, misalnya, si anak yang telah menjadi korban karena ketidaktahuan ataupun ketidakhati-hatian orang tuanya, setelah diberitakan justru menjadi korban stigma. Bahkan tak jarang si anak mendapat perlakuan buruk dari masyarakat sekitarnya.

Misalnya, ketika si anak dan keluarganya dikucilkan dari lingkungan tempat tinggalnya. Begitu pula dengan anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual. Setelah wajah si anak ditampilkan secara utuh tanpa dikaburkan, atau identitas diri seperti nama, alamat, dan sekolah si anak dimuat tanpa disamarkan, setelah diberitakan, justru si anak dipaksa menanggung rasa malu atau mengingat lagi peristiwa traumatik yang pernah dia alami.

JAKARTA - Belakangan ini, media massa kerap memberitakan kasus kejahatan yang menimpa anak-anak. Sayangnya, pemberitaan itu sering berdampak buruk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News