Ajukan PK, Terpidana Mati Tuding Penerjemah tak Profesional

Ajukan PK, Terpidana Mati Tuding Penerjemah tak Profesional
Terpidana mati kasus narkoba, Mary Jane Fiesta Veloso. Foto: Setiaky/Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - SLEMAN – Pengadilan Negeri Sleman menggelar sidang peninjauan kembali (PK) atas perkara yang menimpa terpidana mati kasus narkoba Mary Jane Fiesta Veloso, Selasa (3/3).

Sidang yang berlangsung satu jam itu digelar atas permohonan warga negara Filipina itu dan tim kuasa hukumnya yang diketuai Rudyantho SH. Dalam memori PK, Rudyantho menuding penerjemah saat sidang perkara yang menimpa kliennya pada 2010 adalah bukan seorang profesional di bidangnya

Penerjemah bernama Nuraini, saat itu berstatus mahasiswa Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA Jogjakarta. Nuraini juga dianggap tak layak menjadi penerjemah dalam perkara di persidangan, karena tidak memiliki sertifikat dari lembaga bahasa internasional. Itulah yang dijadikan novum (bukti baru) oleh kuasa hukum pemohon PK.

“Penerjemah tak punya kapasitas, sehingga keterangannya di persidangan tak bisa diambil manfaatnya secara maksimal oleh terdakwa (saat itu),” ungkap Rudyantho di hadapan majelis hakim yang dipimpin Marliyus MS SH MH.

Nuraini dianggap tak berkompeten menjadi penerjemah lantaran tak ada kesesuaian dengan kemampuan bahasa Mary Jane. Saat sidang, Nuraini menerjemahkan percakapan persidangan dalam bahasa Inggris. Rudyantho menilai, Mary Jane yang saat disidang berusia 25 tahun sesungguhnya tak paham bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

“Terdakwa hanya menguasai Tagalog (bahasa nasional Filipina),” ungkapnya dilansir Radar Jogja (Grup JPNN.com), Rabu (4/3).

Rudyantho menuding penyidik polisi maupun kejaksaan yang tak bisa menghadirkan penerjemah bahasa Tagalog berdampak merugikan kliennya. Meskipun, majelis hakim yang menyidangkan perkara bisa menerima penerjemahan dalam bahasa Inggris.

“Terdakwa pasrah dan diam karena tak paham, sehingga tidak menggunakan haknya untuk membela diri,” ujar Rudiyantho yang menganggap kliennya sebagai korban sindikat pengedar narkotika internasional.

SLEMAN – Pengadilan Negeri Sleman menggelar sidang peninjauan kembali (PK) atas perkara yang menimpa terpidana mati kasus narkoba Mary Jane

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News