Akhir Pekan di 'South to South Film Festival'

Akhir Pekan di 'South to South Film Festival'
BAKAU - Potret sebagian kawasan hutan bakau di Muara Angke, Jakarta Utara, yang akan ikut disajikan dalam salah satu film dokumenter pendek di South to South Film festival, 22-24 Januari mendatang. Foto: Arsito Hidayatullah/JPNN.
JAKARTA - Pengalaman buruk itu dialami warga sekitar Danau Victoria, Tanzania, Afrika. Ikan pemangsa hasil eksperimen laboratorium dilepaskan di danau mereka, dan ikan ini dengan cepat merusak ekosistem danau. Tapi, daging ikan ini ternyata digemari di pasar Eropa, yang bahkan diangkut dengan pesawat besar. Lantas, apa yang dilakukan warga?

Itulah dasar dari alur cerita film Darwin's Nightmare, sebagaimana disampaikan pihak penyelenggara, Rabu (13/1), yang merupakan bagian dari event South to South Film Festival (StoS) yang akan digelar untuk kali ketiga tahun ini, di momen akhir pekan. Tepatnya, kegiatan yang berhubungan dengan kampanye kondisi sosial dan lingkungan itu, bakal diadakan di Jakarta, pada 22-24 Januari 2010 mendatang.

"South to South adalah gerakan penyadaran dan penggalangan solidaritas, dengan menggunakan film dan media visual. Gerakan ini bertujuan melibatkan masyarakat kota, utamanya generasi muda dan perempuan, untuk memahami bagaimana potret eksploitasi yang terjadi di negara-negara selatan, serta kaitannya dengan mereka," papar pihak panitia, di bagian keterangan situs mereka, Stosfestival.org.

Sederet film, baik dari kategori fiksi, dokumenter, hingga animasi dan musikal, siap ditayangkan dalam kegiatan StoS kali ini. Mengambil tempat di GoetheHaus, Jl Sam Ratulangi 9-15 Menteng, serta di CCF Jakarta, Jl Salemba Raya, selain Darwin's Nightmare, sederet film lain masih bakal bisa disimak dalam kegiatan yang diawali pada 2006 lalu itu (yang kedua pada 2008 lalu, Red).

JAKARTA - Pengalaman buruk itu dialami warga sekitar Danau Victoria, Tanzania, Afrika. Ikan pemangsa hasil eksperimen laboratorium dilepaskan di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News