Akhirnya, Pertamina Pasok Solar ke Freeport

Akhirnya, Pertamina Pasok Solar ke Freeport
Akhirnya, Pertamina Pasok Solar ke Freeport
JAKARTA – Setelah bertahun-tahun melakukan negosiasi, PT Pertamina (Persero) akhirnya berhasil memasok solar khusus industri pertambangan (high speed diesel/HSD) ke PT Freeport Indonesia. Penandatanganan letter of intent (LoI) jual beli itu diteken oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan dan Presiden Direktur Freeport Indonesia Rozik B. Soetjipto di Jakarta, Senin (1/7).’’Ini merupakan pencapaian dan batu loncatan bagi Pertamina dan Freeport,’’ kata Karen.

BUMN migas ini akan melakukan uji coba terlebih dahulu dalam beberapa bulan mendatang, sembari menunggu habisnya masa kontrak Freeport dengan pihak penyalurnya yang terdahulu. Uji coba pengiriman HSD akan dilakukan sekitar September 2013, sedangkan pengiriman secara formal akan dimulai dilaksanakan mulai awal 2014.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, melalui LoI ini, Pertamina akan memenuhi kebutuhan HSD Freeport Indonesia sebanyak 21 ribu kiloliter (kl) per bulan. Kebutuhan HSD Freeport, perusahaan tambang emas terbesar yang beroperasi di Timika, Papua, tersebut sebesar 36 ribu kl per bulan.

’’Merupakan kebanggaan bagi Pertamina dapat menjadi mitra penyedia bahan bakar PTFI yang merupakan momentum yang sangat baik juga bagi kedua perusahaan untuk meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan di masa mendatang, khususnya dalam sinergi dengan BUMN,’’ terangnya.

JAKARTA – Setelah bertahun-tahun melakukan negosiasi, PT Pertamina (Persero) akhirnya berhasil memasok solar khusus industri pertambangan (high

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News