Akhirnya Rusia Evakuasi 11 Ribu Warganya

Akhirnya Rusia Evakuasi 11 Ribu Warganya
Foto: AFP

jpnn.com - MOSKOW - Sebanyak 11 ribu penduduk Rusia akhirnya bisa kembali ke rumahnya. Mereka adalah para pelancong yang menikmati liburan di Mesir. Karena jatuhnya pesawat Metrojet KGL9268 milik maskapai Kogalymavia Sabtu (31/10) di Sinai, mereka harus tinggal lebih lama di Mesir. 

Ya, pemerintah Rusia menghentikan penerbangan antar kedua negara untuk sementara sejak Jumat (6/11). Kemarin (8/11) mereka akhirnya dievakuasi.

''Selama 24 jam terakhir, sekitar 11 ribu orang telah diterbangkan. Hari ini (kemarin, Red) adalah hari yang sibuk,'' ujar Wakil Perdana Menteri Rusia Arkady Dvorkovich di Bandara Vnukovo. 

Dia menegaskan, ada lebih banyak turis Rusia lagi yang diterbangkan dari Mesir dalam beberapa hari ke depan. Pemerintah Rusia telah mengirimkan para pakar untuk menginspeksi bandara-bandara di Mesir. 

Mereka ditugaskan untuk melihat apakah dibutuhkan personel ke­amanan dari Rusia untuk mengamankan bandara atau tidak.

Berdasar pernyataan Rusia, ada 80 ribu penduduknya yang tengah berada di Mesir. Mayoritas berada di Sharm el-Sheikh dan Hurghada. Sebelumnya, pemerintah Inggris juga memulangkan penduduknya yang tengah berlibur di Mesir. 

Sama seperti pemerintah Inggris, penduduk Rusia yang dipulangkan itu tidak membawa barang bawaan mereka. Barang-barang mereka akan diterbangkan secara terpisah. Pesawat Il-76 milik Kementerian Kedaruratan Rusia telah menerbangkan sekitar 60 ton bagasi milik para turis Rusia tersebut. 

Tidak disebutkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memulangkan seluruh turis Rusia itu. 

MOSKOW - Sebanyak 11 ribu penduduk Rusia akhirnya bisa kembali ke rumahnya. Mereka adalah para pelancong yang menikmati liburan di Mesir. Karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News