Akhirnya! Suu Kyi Temui Warga Rohingya di Rakhine

Akhirnya! Suu Kyi Temui Warga Rohingya di Rakhine
Aung San Suu Kyi tiba di Bandara Sittiwe, Negara Bagian Rakhine, Kamis (2/11). Foto: AFP

jpnn.com, SITTWE - Penasehat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi akhirnya mengunjungki wilayah konflik etnis di Negara Bagian Rakhine, Kamis (2/11).

Ini adalah kunjungan perdananya ke wilayah tersebut pascameletusnya krisis Rohingya pada Agustus lalu.

"Konselor negara bagian sekarang berada di Sittwe dan akan pergi ke Maungdaw dan Buthiduang juga. Ini akan menjadi perjalanan sehari," kata juru bicara pemerintah Zaw Htay kepada AFP.

Dua wilayah yang dikunjugi Suu Kyi merupakan yang paling terdampak kekerasan selama ini. Dia pun menyempatkan berbincang-bincang dengan warga Rohingya.

"Dia menghentikan mobilnya dan berbincang dengan warga yang berkerumun di pinggir jalan," ujar seorang tokoh agama etnis Rohingya yang menyaksikan langsung kunjungan Suu Kyi.

"Dia hanya berpesan tiga hal ke mereka (warga) - hidup dengan damai, pemerintah hadir untuk membantu mereka, dan jangan bertengkar antara sesama warga," lanjut tokoh itu.

Suu Kyi datang ke Rohingya bersama rombongan sekitar 20 orang. Pejabat militer, polisi dan pemerintahan setempat berada di antara rombongannya. Taipan Myanmar, Zaw Zaw pun ikut mendampingi. (reuters/mel/dil/jpnn)


Setelah tiga bulan dan 600 ribu warga Rohingya terusir dari rumah mereka, pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi akhirnya berkunjung ke Negara Bagian Rakhine


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News