Akibat Covid-19, Penanggulangan TBC di Indonesia Terhambat

Akibat Covid-19, Penanggulangan TBC di Indonesia Terhambat
Mantan Menkes Nila Moeloek. Foto: Fandi Permana/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan pandemi Covid-19 menyebabkan keterbatasan pada penanggulangan tuberkulosis (TBC).

Menurut dia, situasi pandemi Covid-19 yang saat ini melandai di Indonesia menjadi kesempatan untuk mengejar penanggulanangan TBC.

Hal ini disampaikan Nila pada webinar virtual bertajuk 'TBC di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 dan Pasca Pandemi Covid-19', yang digelar oleh Farid Nila Moeloek (FNM) Society, Minggu (14/11).

"Menurunnya kasus Covid-19 harusnya memberikan harapan baru dalam percepatan penanggulangan TBC," kata Nila.

Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu menyampaikan Covid-19 dan TBC memiliki beberapa gejala yang sama seperti batuk, demam, kesulitan pernapasan, dan serangan terhadap paru-paru.

Sebelum pandemi Covid-19, lanjut Nila, program penanggulangan TBC direncanakan untuk dimulai pada 2020 hingga 2030.

Mantan Direktur World Health Organization (WHO) Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama mengatakan para pakar TBC menyatakan bahwa Covid-19 mengakibatkan kemunduran program penanggulangan TBC sekitar 5 hingga 8 tahun.

Pada Januari 2020, kata Tjandra, data WHO menunjukkan jumlah kematian orang di dunia bertambah 1,5 juta dari 84 negara akibat Covid-19.

Mantan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan pandemi Covid-19 menyebabkan keterbatasan pada penanggulangan TBC.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News