Akibat UN, Murid Tak Lagi Hormati Guru

Akibat UN, Murid Tak Lagi Hormati Guru
Akibat UN, Murid Tak Lagi Hormati Guru
TANGERANG - Anggota Komisi X DPR dari F-PKS Ahmad Zainuddin mengatakan evaluasi terhadap efek yang ditimbulkan atas pelaksanaan Ujian Nasional (UN) harus segera dilakukan. Sebab akibat yang ditimbulkan dari UN tersebut sangat merugikan institusi sekolah dan guru, karena mereka sudah tidak lagi dihormati para murid.

"Siswa-siswi belajar hanya untuk mempersiapkan diri lulus UN. Hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan tes seperti menghormati para guru tidak lagi menjadi penting," kata Ahmad Zainudin, saat kunjungan lapangan ke sejumlah sekolah di Kota Tangerang, Banten, Selasa (18/5).

 

Sistem UN yang sekarang masih berlaku, lanjutnya, jika masih diterapkan pasti akan menimbulkan masalah yang lebih krusial lagi karena proses pendidikan terjebak kepada orientasi tes serta mengabaikan aspek afektif dan psiko motorik.

 

Ahmad menjelaskan, kekuatiran Kementerian Pendidikan Nasional bila proses ujian dan kelulusan diserahkan ke sekolah masing-masing akan terjadi kelulusan 100 persen, menurut Ahmad sebaiknya kekuatiran itu dijadikan dasar untuk membuat sistem yang lebih kondusif dan lebih baik dari UN yang saat ini diberlakukan.

 

TANGERANG - Anggota Komisi X DPR dari F-PKS Ahmad Zainuddin mengatakan evaluasi terhadap efek yang ditimbulkan atas pelaksanaan Ujian Nasional (UN)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News