Akidi Tio

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Akidi Tio
Gubernur Sumsel Herman Deru (kiri) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri menerima bantuan penanganan COVID-19 secara simbolis dari keluarga Akidi Tio di Mapolda Sumsel, Palembang, Senin (26/7). Foto: ANTARA/HO-Pemprov Sumsel/21

jpnn.com - Tidak ada yang mengenal nama Akidi Tio sebelumnya. Tidak banyak yang mengetahui latar belakang maupun kisah perjalanan bisnisnya.

Tahu-tahu, Akidi Tio mengagetkan orang seantero negara dengan menyumbangkan uang Rp 2 Triliun untuk penanggulangan pandemi di Palembang, Sumatera Selatan.

Nama itu langsung viral. Orang pun bertanya-tanya siapa Akidi Tio. Uang sebesar itu tentu jumlah yang sangat besar. Bahkan bagi para crazy rich pun jumlah itu mencengangkan. Akidi Tio sudah meninggal dunia, dan para ahli warisnya memberikan amal itu atas namanya.

Masyarakat umum, terutama para warganet, suka melakukan glorifikasi, puja-puji yang berlebihan kepada seseorang yang dianggap kaya dan punya gaya hidup mewah.

Berbagai julukan diberikan, mulai dari crazy rich sampai sultan. Begitu ada orang yang punya kekayaan berlebih, langsung disebut sebagai crazy rich atau sultan.

Banyak juga yang sengaja mengejar gelar itu dengan cara pansos, panjat sosial, melalui media massa.

Mereka pamer kekayaan berbagai jenis mobil mewah, lalu pamer gebokan uang yang dihitung secara demonstratif.

Gelar crazy rich dan sultan menjadi kebanggaan, meskipun tidak jelas dari mana mereka memperoleh uang.

Siapa Akidi Tio? Uang Rp 2 triliun itu jumlah yang sangat besar, bahkan bagi para crazy rich...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News