Akil Diduga Mainkan Sengketa Pilkada di Sumsel

Akil Diduga Mainkan Sengketa Pilkada di Sumsel
Akil Diduga Mainkan Sengketa Pilkada di Sumsel

jpnn.com - JAKARTA - Permainan sengketa pilkada yang dilakukan Akil tampaknya tak hanya di wilayah Serang, Banten dan Gunung Mas, Kalimantan. Ketua MK nonaktif itu diduga juga memiliki jaringan yang memainkan pengurusan sengketa pilkada yang ada di sejumlah daerah Sumatera Selatan.

Dugaan itu kemarin ditindaklanjuti KPK dengan melakukan penggeledahan di kantor pemerintahan di Pemkot Palembang dan Pemkab Empat Lawang. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan penggeledahan itu bagian dari upaya paksa untuk mengungkap lebih jauh proses pemeriksaan sesuai sprindik.

"Tapi prosesnya tidak bisa saya ungkapkan lebih dalam karena takutnya mengganggu proses yang tengah berjalan," ujar Bambang. Penggeledahan yang di Palembang menyasar ke kantor dan rumah Walikota Palembang. Begitu pula penggeledahan yang dilakukan di Kabupaten Empat Lawang.

"Iya memang terkait tindak pidana korupsi dalam kaitannya dengan kewenangan AM (Akil Mochtar) selaku hakim konstitusi," ujarnya.

Dalam penggeledahan itu sejumlah dokumen dalam kardus berhasil dibawa petugas. Di Sumatera Selatan, ada sejumlah sengketa pilkada yang diduga dimainkan oleh Akil. Pada sengketa pilkada Kota Palembang, Akil yang bertindak sebagai hakim ketua mengabulkan sebagian gugatan pasangan Romi Herton dan Harno Joyo.

Hasil dari putusan MK itu akhirnya membuat pasangan nomer urut 2 tersebut melenggang sebagai pemenang pilkada. Dalam pilkada itu perolehan suara yang didapat Romi-Harno awalnya tertinggal sedikit dari pasangan Sarimuda-Nelly Rasdania (nomor urut 3).

Romi Herton sebelumnya merupakan Wakil Walikota Palembang dan menjabat sebagai Ketua DPC PDIP. Dan pasangannya Harnojoyo merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Palembang sekaligus Ketua DPRD Palembang.Romi dan Harnojoyo juga didukung sejumlah partai lain yakni, PPP, PAN, dan PKS.

Menariknya dukungan dari PKS itu datang langsung dari terdakwa kasus suap pengaturan kuota daging impor, Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) yang kala itu masih berstatus sebagai presiden partai. Romi bahkan sempat bertemu dengan LHI dalam Safari Dakwah PKS yang berlangsung di tiga kota di Sumatera.

JAKARTA - Permainan sengketa pilkada yang dilakukan Akil tampaknya tak hanya di wilayah Serang, Banten dan Gunung Mas, Kalimantan. Ketua MK nonaktif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News