Akselerasi Produksi Pangan Nasional, Mentan Amran Dorong Percepatan Tanam di Sumbawa

Akselerasi Produksi Pangan Nasional, Mentan Amran Dorong Percepatan Tanam di Sumbawa
Mentan Amran ikut melakukan penanaman di Desa Labuan, Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Foto: dokkementan

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman terus bergerak mengakselerasi produksi pangan nasional, salah satunya dengan melakukan Kegiatan Pembinaan Penyuluh Pertanian.

Mentan Amran juga menanam jagung di Desa Labuan, Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (25/1).

Amran berkesempatan berdialog dengan petani dan penyuluh sekaligus menyerahkan bantuan sebesar Rp 15,4 M, berupa vaksin SE, renovasi RPH, pembangunan pengolahan pakan dan operasional Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) dan bantuan benih padi dan jagung serta pupuk sebesar Rp 54,7 M.

Selain itu juga, bantuan lain yang diberikan berupa benih padi dan jagung, senilai Rp 33,9 miliar untuk Kabupaten Dompu, bantuan benih padi dan jagung senilai Rp 34,1 miliar untuk Kabupaten Bima, bantuan benih jagung Rp 4,6 miliar untuk Kota Bima dan bantuan benih padi dan jagung senilai Rp 5,1 miliar untuk Kabupaten Sumbawa Barat.

"Budi daya jagung di sini untuk memperkuat produksi dan kebutuhan nasional. Kami datang untuk mengecek hamparan budi daya jagung sekaligus tanam. Selain itu, kami akan tambah benih jagung gratis untuk petani,” ujarnya.

Kementerian Pertanian tidak hanya fokus menggenjot produksinya saja, tetapi, juga termasuk dalam hal penanganan panen dan pascapanen.

"Berbagai pihak terkait dilibatkan sebagai mitra untuk mencarikan solusi terbaik permasalahan yang ada. Di antaranya, Bulog, kementerian lainya dan pihak swasta. Tujuannya, agar harga jual saat panen puncak tetap wajar dan menguntungkan petani," tutur Amran.

Mentan Amran menambahkan, khusus Kabupaten Sumbawa, selain komoditas jagung, juga dikembangkan komoditas lainnya.

Mentan Amran berkesempatan berdialog dengan petani dan penyuluh sekaligus menyerahkan bantuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News