Akses Menuju Lokasi Wisata Macet Parah

Akses Menuju Lokasi Wisata Macet Parah
Hari kedua lebaran Idulfitri, ribuan kendaraan melaju ke arah Puncak dan Cianjur masih mengalami kepadatan, Sabtu (16/6). Foto: Wulan/Radar Bogor/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Volume kendaraan melonjak di jalan akses menuju tempat wisata seperti, Puncak Bogor, Bandung, dan Sumedang, pada Sabtu (16/6).

Pantauan Jawa Pos melalui aplikasi NTMC mudik memperlihatkan di Puncak Bogor terjadi kemacetan dari tiga arah sekaligus. Yang pertama dari arah Depok di jalan Raya Bojong Gede, kemacetan terjadi sekitar 10 km menuju ke Bogor.

Selanjutnya, Jalan Raya Leuwiliang dari arah Banten terjadi kemacetan sekitar 9 km hingga pertigaan cibanteng.

Lalu, kemacetan juga terjadi di Jalan Raya Ciawi –Cianjur yang menuju Bogor dari jalan Cipayung Datar hingga ke Jalan Labuan- Cianjur, kemacetan hampir sepanjang lima kilometer. Tempat wisata lain juga mengalami kemacetan, seperti di Bandung.

Kemacetan terjadi di Jalan Raya Lembang hampir sepanjang lima kilometer menuju ke Lembang. Kemacetan lainnya terjadi di Sumedang, tepatnya di Jalan Raya Cirebon- Bandung, perempatan Plaza Asia Sumedang hingga Jalan Raya Bandung Sumedang. Kemacetan terjadi lebih dari 10 km.

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Korlantas Polri Kombespol Benyamin menjelaskan bahwa libur panjang lebaran ini biasanya memang dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata.

”Ya puncak Bogor dan Bandung memang biasanya mengalami kepadatan kendaraan saat seperti ini,” tuturnya.

Namun begitu, kemacetan itu hanya kemacetan lokal. Yang biasa ditangani kepolisian dengan rekayasa lalu lintas berupa sistem buka tutup. ”Sifatnya lokal ya, bisa ditangani Polda dan Polres,” paparnya.

Kemacetan terjadi di sejumlah jalan akses menuju tempat wisata, seperti Puncak Bogor, Bandung, juga Sumedang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News