Enam Titik Rawan Macet di Tol dari Jabar Hingga Jateng

Enam Titik Rawan Macet di Tol dari Jabar Hingga Jateng
Kepadatan kendaran terjadi di jalan tol fungsional Trans Jawa pada Minggu (10/6/2018) sore. Foto: Raka Denny/Jawa Pos

jpnn.com, TEGAL - Pantauan jalur mudik lebaran tahun ini, terdapat enam titik rawat macet di sepanjang ruas jalan tol dari Jawa Barat hingga Jawa Tengah. Namun, keenam titik itu sudah diantisipasi dan dilakukan penanganan oleh pemerintah.

Bahkan, pemerintah menjamin jika arus mudik di tahun ini bakal lancar. Hal ini diungkapkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat meninjau gerbang tol darurat tol fungsional Brebes-Semarang di Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Minggu (10/6).

Tito menyebutkan, keenam titik itu dua diantaranya berada di Jawa Barat. Yakni di Bekasi karena ada pengerjaan proyek jalan elevated dan rest area di tol Cikopo. Sedangkan empat titik lainnya, di Jateng. Yakni di gerbang tol darurat Kertasari Kabupaten Tegal, Jembatan Kalikuto Gringsing Batang, pintu keluar tol Krapyak Semarang, dan Salatiga. “Tapi keenam titik ini sudah dikelola dengan baik. Saya pastikan aman,” ujarnya.

Kemacetan di Kertasari, menurut Tito, diantisipasi dengan langkah pengalihan arus lalu lintas dan penggratisan transaksi jika kemacetan sudah mencapai 3 kilometer. “Di Kalikuto ada posko bersama untuk mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat, di Krapyak dengan penambahan anggota. Di Salatiga juga sudah dikelola,” ujar Tito.

Dalam kunjungan ke Kertasari, selain Tito, tampak juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator (Menko) PMK Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Menteri Kesehatan Nila F Moeleok, dan Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Selanjutnya, rombongan mendengarkan paparan dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono terkait dengan situasi arus mudik saat ini.

Tito Karnavian meminta kepada jajarannya agar bisa memberikan pelayanan secara maksimal. Baik itu dalam menjaga kelancaran selama arus mudik, balik maupun keamanan selama pemudik berada di jalan raya. Khusus untuk pemudik yang melintas di jalan tol .

Tito berpesan agar selalu mengutamakan keselamatan selama berkendaraan. Pastikan stamina tubuh tetap terjaga, jika mengantuk, manfaatkan rest area yang ada dan jangan lupa mengecek kondisi kendaraan dalam keadaan yang laik jalan.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, enam titik sepanjang tol dari Jabar hingga Jateng sudah diantisipasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News