Aksi Heroik AKP Agus Menolong Seorang Ibu Melahirkan

Aksi Heroik AKP Agus Menolong Seorang Ibu Melahirkan
Kanitlantas Polsek Tenggilis Mejoyo AKP Agus Setyo Basuki bersama Indah Nur Jayanti dan bayinya. Foto: source for JawaPos.com

jpnn.com, SURABAYA - Respons Kanitlantas Polsek Tenggilis Mejoyo, Surabaya, AKP Agus Setyo Basuki pantas diacungi jempol. Di tengah kepanikan yang luar biasa, aksi heroik AKP Agus menolong seorang ibu yang mau melahirkan, Selasa (3/10).

Peristiwa itu berawal saat seorang perempuan bernama Indah Nur Jayanti tiba-tiba memarkirkan motornya di depan Mapolsek Tenggilis Mejoyo, Selasa petang sekitar pukul 18.00. Indah kemudian berjalan sempoyongan masuk ke dalam Mapolsek, mendekati petugas jaga.

Saat itu polisi yang melihat kondisinya memprediksi bahwa Indah akan melahirkan. "Waktu itu saya di ruangan, anggota yang di pos jaga melapor ke saya. Katanya ada ibu-ibu yang memegangi perut, seperti hendak melahirkan," cerita Agus kepada JawaPos.com.

Dengan segera, Agus bergegas menuju pos jaga. Saat itu dia melihat Indah sudah dalam kondisi pucat. "Mukanya pucat. Saya lihat lebih teliti sepertinya air ketubannya juga sudah pecah. Saya berpikir untuk segera mengambil tindakan," lanjutnya.

Kepanikan sempat melanda Agus beserta anggotanya. Maksud hati ingin membawa Indah ke rumah sakit, namun tidak ada mobil patroli. Saat itu posisi mobil patroli sedang keliling rutin memantau situasi keamanan di sekitaran Tenggilis Mejoyo.

Tidak mungkin menunggu, karena kondisi jalan juga sedang macet bebarengan dengan jam pulang kantor. Akhirnya Agus memutuskan untuk membopong Indah keluar. Dengan sangat hati-hati, Indah dibawa ke pinggir jalan.

"Saya mau nyegat taksi, kok ya lama datangnya. Akhirnya ada satu angkot yang datang, langsung saja saya cegat. Memang butuh pertolongan secepatnya" ujar polisi dengan tiga balok di pundak tersebut.

Indah kemudian diangkut angkot menuju ke rumah sakit terdekat. Agus meminta sopir angkot untuk mengarahkan kendaraannya menuju Rumah Sakit Royal, jaraknya sekitar 300 meter dari Mapolsek Tenggilis Mejoyo.

AKP Agus Setyo Basuki tidak berharap penghargaan atau pujian. Dia senang bisa membantu saat dibutuhkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News