Aksi Kamisan Depan Istana, Koalisi Masyarakat Sipil Desak Jokowi Lakukan Revolusi Etika

Aksi Kamisan Depan Istana, Koalisi Masyarakat Sipil Desak Jokowi Lakukan Revolusi Etika
Koalisi masyarakat sipil melakukan Aksi Kamisan di Taman Pandang Istana atau di depan Istana Presiden, Jakarta, Kamis (1/2). Foto: Source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Koalisi masyarakat sipil melakukan Aksi Kamisan di Taman Pandang Istana atau di depan Istana Presiden, Jakarta, Kamis (1/2). Dalam aksi ini, koalisi masyarakat sipil menyuarakan tentang selamatkan demokrasi.

Adapun tema yang diangkat dalam aksi ini adalah 'Selamatkan Indonesia dari kepentingan satu keluarga dan kroni-kroninya, kembalikan Indonesia untuk kepentingan rakyat seluruhnya!'.

Berdasarkan pantauan di lokasi, massa unjuk rasa yang hadir terlihat kompak menggunakan busana berwarna hitam. Banyak dari mereka yang juga turut menyampaikan aspirasinya lewat beragam poster.

Semisal, ‘Lawan Pembungkam Suara Kritis Rakyat Indonesia hingga poster bertuliskan Perusak Demokrasi Lawan!’

Tidak hanya lewat poster, ada juga massa yang menggunakan topeng Guy Fawkes sebagai simbol perlawanan terhadap kekuasaan yang dianggap tiran.

Connie Rahakundini Bakrie yang turut hadir dalam aksi ini mengaku terpanggil karena dirinya mengaku miris dengan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belakangan ini dinilai berlebihan melakukan cawe-cawe politik.

"Menurut saya Presiden Jokowi cawe-cawenya sudah keterlaluan, sudah kejauhan dan kami harus bersikap," kata Connie dengan tegas.

Connie mengatakan jika cawe-cawe politik ini terus dilakukan, tentu hal ini berbahaya bagi kondisi bangsa. Sebab, pemerintahan seharusnya dijalankan dengan dengan etika. Menurut dia, sikap ini perlu diluruskan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, massa unjuk rasa yang hadir terlihat kompak menggunakan busana berwarna hitam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News