Aksi Massa Bakal Berlanjut

Aksi Massa Bakal Berlanjut
Warga dari berbagai elemen memadati Jl. Malioboro, Jogja, Senin (13/12) dalam aksi mendukung Keistimewaan Jogja. Pada saat bersamaan diadakan Rapat Paripurna Dewan yang membahas soal keistimewaan dengan agenda penting opsi penetapan atau pemilihan Gubernur. Foto: HERMITIANTA/RADAR JOGJA
JOGJA - Aksi massa warga Jogjakarta mendukung penetapan gubernur DIJ dijabat raja keraton Sri Sultan Hamengku Buwono tak hanya berakhir kemarin (13/12). Saat DPRD DIJ menggelar sidang paripurna mendukung penetapan untuk kemudian dibawa ke pemerintah pusat dan DPR RI. Berbagai elemen masyarakat DIJ tetap akan melakukan aksi lanjutan sebagai wujud dukungan terhadap penetapan.

"Hari minggu (19/12), kami rencanakan akan melakukan aksi dengan melibatkan massa yang lebih besar. Saat ini, kami bergabung dengan masyarakat lain untuk di sidang paripurna," kata Ketua Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ka?bah (GPK) DIJ Supriyanto Untung, kemarin (13/12) di gedung DPW PPP.

Lilik, sapaan akrabnya, mengungukapkan, aksi yang mereka lakukan nanti adalah bentuk sikap jika GPK DIJ siap membentengi keistimewaan DIJ dengan penatapan. "Karena, ini menjadi kesepakatan dari seluruh anggota GPK, maka kami pun menyertakan mereka dalam aksi mendukung penetapan Minggu nanti," imbuh mantan anggota DPRD Kota Jogja tersebut.

Saat melakukan aksi lanjutan ini, ia menambahkan, pihaknya akan menghadap raja keraton saat ini HB X. Pihaknya ingin mengutarakan dukungannya kepada Sultan untuk tetap mempertahankan keistimewaan DIJ dengan penetapan."Kami ingin membuktikan kepada pusat, jika warga DIJ tak pragmatis dalam berpolitik. Meski, Sultan berlainan afiliasi politiknya dengan kami, untuk masalah kasultanan, kami berada di belakang beliau," terangnya.

JOGJA - Aksi massa warga Jogjakarta mendukung penetapan gubernur DIJ dijabat raja keraton Sri Sultan Hamengku Buwono tak hanya berakhir kemarin (13/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News