Aktivis 98 Usul 7 Juli Hari Bhinneka Tunggal Ika

Aktivis 98 Usul 7 Juli Hari Bhinneka Tunggal Ika
Seorang bocah membawa Bendera Merah Putih di Sungai Kalianyar, Solo, Kamis, 17 Agustus 2017. Ilustrasi Foto: Arief Budiman/Radar Solo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Muncul usulan agar 7 Juli menjadi hari Bhinneka Tunggal Ika. Usulan disampaikan puluhan aktivis 98 yang menemui Presiden Joko Widodo di Kantor Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/6).

Direktur Eksekutif 98 Institute Sayed Junaidi Rizaldi mengatakan, ada sejumlah masukan yang disampaikan jajarannya kepada orang nomor satu di Indonesia tersebut. Salah satunya menyangkut usulan peringatan hari Bhinneka Tunggal Ika pada setiap 7 Juli.

Menurutnya, dari empat pilar bangsa, hanya Bhinneka Tunggal Ika yang belum memiliki hari peringatan. "Kita tahu ada hari lahir Pancasila 1 Juni, sudah ada hari konstitusi. Bahkan hari proklamasi 17 Agustus," ujarnya usai pertemuan.

Selain peringatan hari Bhinneka Tunggal Ika, lanjutnya, pihaknya juga mengusulkan agar sejumlah mahasiswa yang meninggal dalam tragedi Trisakti dan Semanggi bisa diangkat sebagai pahlawan nasional. Yakni Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan dan Hendriawan Sie.

Menurutnya, para mahasiswa yang gugur merupakan simbol perjuangan yang ditempuh untuk perubahan negara. "Karena bagaimana pun mereka sahabat kita," imbuhnya.

Sayed menambahkan, sejumlah usulan tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam panitia rembuk nasional aktivis 97 pada 7 Juli 2018 mendatang. Acara yang digelar di Monas itu rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

Dalam rembuk nasional itu, ada sejumlah persoalan lain yang akan didiskusikan. Di antaranta isu intoleransi, radikalisme dan terorisme. Menurutnya, isu tersebut menjadi ancaman bangsa saat ini. Di mana radikalisme yang berujung terror merebak di masyarakat.

“Kita kalau melakukan gerakan radikal, bangsa Indonesia ini unjuk rasa. Bukan pada terror,” imbuhnya. Dia menilai, aksi radikalisme juga mulai terendus mulai berupaya menggeser Pancasila dari dasar negara.

Sejumlah aktivis 98 mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar menetapkan 7 Juli sebagai Hari Bhinneka Tunggal Ika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News