Aktivis Lingkungan: Food Estate Bukan Solusi Ketahanan Pangan

Aktivis Lingkungan: Food Estate Bukan Solusi Ketahanan Pangan
Presiden Jokowi saat meninjau kawasan food estate di Kalimantan Tengah. Foto: ilustrasi/Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Aktivis hukum lingkungan Tiza Mafira menegaskan food estate bukan solusi ketahanan pangan. Malahan proyek ini bisa menggerus keanekaragaman hayati.

Lebih dari itu, lanjutnya, keanekaragaman hayati rusak demi ditanami satu jenis tanaman monokuktur dalam skala besar. Selain itu, ujarnya, food estate justru memperburuk kualitas air dan tanah.

“Food estate bukan solusi ketahanan pangan. Menggerus keanekaragaman hayati demi lahan skala besar yang ditanami satu jenis tanaman monokultur, sudah pasti justru memperburuk kualitas air dan tanah Indonesia,” ujarnya, Sabtu (25/11).

Berbeda dengan pertanian skala kecil, kata Tiza, petani justru akan memperoleh keunggulan.

“Petani justru akan memperoleh keunggulan ketika didukung melakukan pertanian skala kecil-menengah di banyak daerah,” ujarnya.

Hal ini, lanjut Tiza, akan membuka peluang bagi tanaman endemik untuk tetap dibudidayakan demi menjaga keanekaragaman hayati dan ketahanan pangan.

“Dan ini membuka kesempatan bagi tiap wilayah, bukan hanya wilayah yang punya lahan food estate besar,” tandas Tiza. (jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Aktivis hukum lingkungan Tiza Mafira menegaskan food estate bukan solusi ketahanan pangan. Malahan proyek ini bisa menggerus keanekaragaman hayati


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News