Aktivitas Gunung Slamet Menurun

Aktivitas Gunung Slamet Menurun
Aktivitas Gunung Slamet Menurun

jpnn.com - JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Becana (BNPB) menyatakan aktivitas Gunung Slamet yang berada di Kabupaten Banyumas, Pemalang, Brebes, Tegal, dan Purbalingga, Jateng, menunjukan aktivitas rendah.

"Gunung Slamet terus menunjukkan penurunan hingga hari ini setelah sebelumnya meletus pada Jumat (12/9)," kata Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin. 

Menurutnya, berdasarkan pantauan dari stasiun pengamatan Gunung Slamet, PVMBG Badan Geologi, sejak Minggu (14/9) hingga saat ini tidak terlihat adanya asap hitam yang keluar dari kawah gunung tersebut. Gempa juga menurun. 

Kata dia, pada Senin (15/9) sekitar pukul 00.06 terpantau hanya 13 gempa hembusan dan asap yang dikeluarkan terlihat nihil. "Belum diketahui secara pasti apakah penurunan ini akan terus berlangsung lama ataukah ini hanya fluktuatif saja," tuturnya kepada Antara. 

Untuk masyarakat dan lima pemerintah daerah (pemda) di sekitar kawasan Gunung Slamet telah siap menghadapi kondisi yang terburuk. "Watak Gunung Slamet memang tidak seganas Gunung Merapi dan Gunung Kelud tapi masyarakat juga harus tetap siaga," ujarnya. (ant/ma/mas)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Becana (BNPB) menyatakan aktivitas Gunung Slamet yang berada di Kabupaten Banyumas, Pemalang, Brebes, Tegal,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News