Aktivitas Sosial PSI dan PDIP Paling Terekam Publik di Masa Pandemi

Aktivitas Sosial PSI dan PDIP Paling Terekam Publik di Masa Pandemi
Politikus PSI turun langsung membagikan makanan kepada warga Pademangan. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah wabah virus corona, partai politik terus berlomba-lomba mencari perhatian publik. Fenomena tersebut terekam dalam riset yang dilakukan Indomedia Poll.

Direktur Media dan Riset, Indomedia Poll, Hamzah Fansuri mengatakan, pihaknya melakukan studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis yang digabungkan dengan analisis konten media sosial pada tenggat waktu 1-12 Mei 2020.

Objek penelitiannya adalah akun-akun resmi media sosial dari partai-partai politik.

“Dari hasil dan temuan Indomedia Poll, seluruh partai berupaya mendapat perhatian publik dengan menunjukkan aktivitas mereka di media sosial, namun tentu tidak semua terekam baik dalam memori publik yang diwakili responden,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/5).

Namun, dia mengakui, tidak semua partai politik mendokumentasikan komitmen sosial mereka di media sosial. Belum semua partai politik mampu secara maksimal dan kreatif dalam pengelolaan konten di media sosial terutama mendokumentasi aktivitas mereka dalam menghadapi bencana Corona.

“Dari hasil wawancara, responden menyebutkan (top of mind) partai yang konten aktivitasnya paling sering muncul di masa pandemi adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), disusul PDI Perjuangan (PDIP) lalu disusul Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS),” jelasnya.

Responden yang memilih PSI, Hamzah menjelaskan, melihat partai yang dipimpin Grace Natalie itu melakukan banyak gerakan di daerah. Sehingga barisan anak muda itu dianggap responden berani mengambil resiko terjun ke masyarakat pada masa pandemic.

“Responden menjawab PDIP, karena melihat aktivitas Presiden masih identik dengan kader PDIP, begitu juga dengan konten seputar Ganjar Pranowo di Jawa Tengah diasosiasikan sebagai konten PDIP,” ujarnya.

Di tengah wabah virus corona, partai politik terus berlomba-lomba mencari perhatian publik. Fenomena tersebut terekam dalam riset yang dilakukan Indomedia Poll

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News