Al Araf Singgung Tanggung Jawab Menhan soal Penanganan Korupsi di Basarnas

Al Araf Singgung Tanggung Jawab Menhan soal Penanganan Korupsi di Basarnas
Ketua Badan Pengurus Centra Initiative Al Araf soal penanganan korupsi di Basarnas. Foto: dok. Centra Initiative

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Pengurus Centra initiative Al Araf menyinggung tanggung jawab Menteri Pertahanan atau Menhan Prabowo Subianto terkait polemik yang sempat terjadi saat penanganan kasus korupsi di Basarnas.

Dia menilai Menteri Pertahanan RI tidak boleh lepas tanggung jawab dalam polemik soal tarik menarik kewenangan antara KPK dan TNI dalam menangani kasus dugaan korupsi yang menyeret dua TNI aktif tersebut.

Dua dari lima tersangka dalam kasus tersebut ialah Kepala Basarnas Marsdya Henri Alfiandi dan Koorsmin Kabasarnas Letkol Adm Afri Budi Cahyanto.

"Kami menilai, kasus tersebut sebenarnya dapat diselesaikan dengan jernih dan mudah jika Menteri Pertahanan mengoordinasikan dan meminta pada Panglima TNI dan Danpuspom TNI agar kasus tersebut diselesaikan melalui peradilan umum, di mana KPK-lah yang harus memproses hukum kasus itu," ujar Al Araf melalui siaran pers di Jakarta, Jumat (4/8).

Dia mengatakan upaya menarik kasus kejahatan dari yurisdiksi peradilan umum ke peradilan militer dengan pelakunya anggota militer dan warga sipil hanya bisa dilakukan oleh Menteri Pertahanan, bukan Panglima TNI, apalagi Danpuspom TNI.

"Hal itu ditegaskan dalam KUHAP dan UU No. 31 tahun 1997 tentang Peradilan Militer," lanjutnya.

Al Araf menjelaskan bahwa Pasal 89 Ayat (1) KUHAP menyatakan apabila terjadi suatu tindak pidana yang dilakukan bersama-sama oleh para subjek hukum yang masuk ke dalam lingkungan peradilan umum dan peradilan militer, maka lingkungan peradilan yang mengadilinya adalah lingkungan peradilan umum.

Kemudian, Pasal 198 Ayat (1) UU No. 31 Tahun 1997 tahun Peradilan Militer menyebutkan tindak pidana yang dilakukan bersama-sama oleh mereka yang termasuk yurisdiksi peradilan militer dan yurisdiksi peradilan umum, diperiksa dan diadili oleh Pengadilan dalam lingkungan peradilan umum kecuali apabila menurut keputusan Menteri Pertahanan dengan persetujuan Menteri Kehakiman perkara itu harus diperiksa dan diadili oleh Pengadilan dalam lingkungan peradilan militer.

Al Araf dari Centra initiative menyinggung tanggung jawab Menhan RI Prabowo Subianto soal polemik kewenangan KPK dan TNI menangani korupsi di Basarnas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News