Al-Khaththath Bikin Islam Tradisional Tak Nyaman

Al-Khaththath Bikin Islam Tradisional Tak Nyaman
Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammah Alkhattah dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/2). Foto: M Amjad/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amin Mudzakkir mengatakan, isu agama yang diarahkan kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat bakal menjadi bumerang bagi pihak yang menyerang.

Amin menjelaskan, kelompok Islam yang mendukung calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno membuat kelompok Islam tradisional merasa tidak nyaman.

"Jadi saya melihat kelompok Al-Khaththath, HTI, segala macam yang secara terang-terangan mendukung Anies membuat kelompok Islam tradisional tidak nyaman walaupun mereka tidak suka dengan Ahok," kata Amin di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (3/4).

Menurut Amin, hal itu bisa membuat warga tidak memilih pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 putaran kedua.

Meski begitu, dia menyatakan, jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Kemungkinan selanjutnya, sambung Amin, warga akan ikut mencoblos karena khawatir kelompok Islam radikal mendukung Anies-Sandi.

Karena kekhawatiran itu, kata Amin, ada kemungkinan warga memilih Ahok.

"Ini justru peluang bagi Ahok kalau mau dikelola, karena tadinya banyak orang yang tidak berpolitik, minimal sekarang ke TPS," ucapnya. (gil/jpnn)


Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amin Mudzakkir mengatakan, isu agama yang diarahkan kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News