Alamak, 69 Rumah Ludes Terbakar, 430 Jiwa Terpaksa Mengungsi

Alamak, 69 Rumah Ludes Terbakar, 430 Jiwa Terpaksa Mengungsi
Alamak, 69 Rumah Ludes Terbakar, 430 Jiwa Terpaksa Mengungsi

jpnn.com - KERINCI - Kebakaran hebat melanda Kelurahan Lempur Tengah kecamatan Gunung Raya, Sabtu (8/8). Akibat dari kebakaran tersebut sebanyak 68 rumah hangus terbakar. 

Setidaknya 100 kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal dan 430 jiwa harus mengungsi dan membutuhkan bantuan dari pemerintah. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah BPBF mengerahkan 6 unit mbol pemadam kebakaran.

Api dikabarkan bermula dari rumah salah seorang warga kemudian menyalar kerumah warga yang lain, karena angin yang cukup kencang sehingga sulit di padamkan, warga hanya bisa pasrah melihat rumah mereka habis terbakar. 

Yarna, 50, salah seorang korban kebakaran hebat di Lempur tengah menjelaskan bahwa kebakaran terjadi saat warga tidak berada dirumah, dirinya sendiri saat kejadian berada dikebun yang jarak dengan rumahnya cukup jauh dan di mengetahui kebakaran langsung pulang dari kebun dan mengetahui rumahnya sudah habis.  

"Kami tadi sedang di kebun, kami tahu ada kebakaran langsung pulang dan ternyata rumah kami sudah habis terbakar bersama rumah paman dan keluarga kami yang lain juga habis," jelasnya

Yarna menambahkan akibat kebakaran ini semua isi rumah tidak ada yang bisa diselamatkan, yang ada selamat hanya motor yang di bawa ke kebun. "Kain dan alat lain yang berada dirumah tidak ada yang bisa diselamatkan kami sekarang tidak punya apa-apa lagi," ujarnya.

Evirasmianto kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kerinci, mengatakan akibat kebakaran itu 52 rumah alami rusak berat, tiga rusak sedang dan 13 rumah rusak ringan. 

Dia menambahkan bahwa BPBD akan terus melakukan pendataan korban bencana kebakaran tersebut sampai ada data pasti. BPBD juga langsung mendirikan tenda untuk korban kebakaran dan pihaknya juga telah koordinasi ke Dinas Sosial tenaga Kerja untuk memberikan bantuan tanggap darurat. 

KERINCI - Kebakaran hebat melanda Kelurahan Lempur Tengah kecamatan Gunung Raya, Sabtu (8/8). Akibat dari kebakaran tersebut sebanyak 68 rumah hangus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News