JPNN.com

Alasan Anak Konglomerat Eka Tjipta Gugat 5 Kakak Tirinya

Kamis, 16 Juli 2020 – 16:39 WIB
Alasan Anak Konglomerat Eka Tjipta Gugat 5 Kakak Tirinya - JPNN.com
Sinar Mas Land. Foto: Sinar Mas Land

jpnn.com, JAKARTA - Anak almarhum pendiri Sinarmas Group Eka Tjipta Widjaja, Freddy Widjaja, punya alasan tersendiri mengapa menggugat kelima kakak tirinya atas hak warisan/wasiat ayahnya di 12 perusahaan Sinarmas Group.

Sidang perdana atas gugatan Freddy dengan nomor 301/Pdt.G/2020/PN Jkt.Pst, sebelumnya telah digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (13/7) kemarin.

Freddy menegaskan, tuntutannya sesuai dengan KUH Perdata pasal 914 dan 916 berdasarkan LEGITIMIE PORTIE, terkait pembagian harta waris.

Disebut, untuk anak yang dilahirkan dari perkawinan yang sah sebesar 2/3 dari warisan, sedangkan untuk anak luar kawin berhak atas setengah dari bagian yang diterima anak kawin sah, atau 1/3 dari total warisan.

"Jadi, karena total anak luar kawin dari almarhum Eka Tjipta Widjaja ada 20 anak, berarti 1/3 dari 600 triliun dibagi 20 anak, maka yang menjadi bagian dari Freddy Widjaja adalah Rp 10 triliun," ujar Freddy dalam keterangannya yang diterima Kamis (16/7).

Freddy merupakan anak luar kawin dari pernikahan resmi yang pernah dilakukan Eka Tjipta bersama dengan Lidia Herawaty Rusli.

Hal tersebut merupakan hasil Putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat Nomor 36/PDT.P/2020/PN.JKT/PST.

Putusan PN Jakarta Pusat itu terbit setelah Freddy Widjaja menuntut statusnya sebagai anak dari pasangan Eka Tjipta Widjaja dengan Lidia Herawati Rusli.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fajar